Jum'at, 12 Mei 2023 - 10:35 WIB
Paling Imut di Dunia, Burung Shima Enaga Terlihat Seperti Buntalan Kapas
Shima Enaga memiliki bulu seputih salju dengan ukuran yang mungil sehingga sangat menggemaskan. Foto: dok Shutter Stock
JEPANG - Ternyata burung di game Angry Birds benar-benar ada. Namanya Shima Enaga atau long-tailed tit dari Jepang. Burung ini begitu imut dan menggemaskan, sehingga terlihat seperti buntalan kapas .

Nama beken burung long-tailed tit adalah Aegithalos caudatus. Burung ini sebenarnya tersebar luas di daerah beriklim sub-tropis, seperti negara-negara di Benua Eropa.

Namun, Jepang juga memiliki versi long-tailed tit sendiri. Terletak di Pulau Hokkaido, pulau terbesar ke-2 di Jepang. Bahkan Shima Enaga adalah hewan endemik pulau Hokkaido.

Nama Shima Enaga sendiri berasal dari kata Shima yang dalam bahasa Jepang berarti pulau dan Enaga yang berarti long-tailed tit.

Menggemaskan
Paling Imut di Dunia, Burung Shima Enaga Terlihat Seperti Buntalan Kapas

Bentuk fisik dari Shima Enaga begitu menggemaskan. Terlihat seperti bola salju atau permen kapas. Tak heran burung ini acap dinobatkan sebagai burung paling imut dan menggemaskan yang pernah ada. Apalagi, ukurannya pun mungil sekali. Hanya 13 cm-15 cm. Beratnya juga sekitar 7-9 gram.

Warna bulu Shima Enaga yang didominasi warna putih bertujuan untuk menyamarkan diri dari salju selama musim dingin berlangsung.
Shima Enaga suka bersosial, dan termasuk hewan insektivora. Mereka memakan telur serangga, larva, dan lainnya. Sayangnya, siklus hidup Shima Enaga cukup pendek. Yakni, hanya 3 tahun saja.

Berikut 8 fakta tentang Shima Enaga, burung paling imut di dunia:

1. Burung Shima Enaga memiliki bulu warna putih dan merah muda di bawahnya, dengan ekor sangat panjang, lebih dari sepuluh sentimeter, yang membentuk setengah dari panjang total tubuhnya.

Paling Imut di Dunia, Burung Shima Enaga Terlihat Seperti Buntalan Kapas

2. Shima Enaga adalah burung sosial. Biasanya hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari beberapa pasang burung yang saling berkumpul dan berbaur.

3. Burung ini biasanya mencari makan di pohon-pohon, terutama di daerah hutan dan semak belukar. Mereka terutama makan serangga kecil, telur serangga, dan laba-laba.

4. Kebiasaan dalam membuat sarang cukup unik. Mereka biasanya membuat sarang bundar yang menggantung di ujung ranting pohon yang kuat, dan bisa mencapai ukuran hampir 30 cm dalam diameter. Sarang ini biasanya terbuat dari lumut dan bahan-bahan halus lainnya, dan dianyam dengan rapi.

Paling Imut di Dunia, Burung Shima Enaga Terlihat Seperti Buntalan Kapas

5. Shima Enaga memiliki panggilan unik, yang terdengar seperti “tsit-tsit-tsit”. Panggilan ini digunakan untuk memanggil pasangan atau anggota kelompok lainnya.

6. Shima Enaga adalah burung migran yang terbang ke selatan selama musim dingin. Mereka biasanya hidup di wilayah yang lebih dingin dan beriklim sedang, dan berkembang biak di musim panas.

7. Burung ini memiliki berbagai jenis predator, termasuk burung pemangsa seperti elang dan burung hantu, serta mamalia seperti kucing dan musang.

8. Untungnya, populasi burung Shima Enaga terbilang stabil dan tidak terancam punah. Burung ini juga cukup umum ditemukan di sebagian besar wilayah di mana mereka hidup, terutama di wilayah Asia dan Eropa. Namun, seperti banyak spesies burung lainnya, mereka terancam kehilangan habitat dan bahan makanan karena perubahan lingkungan dan pembangunanmanusia.