Burung Spektakuler Kembali Muncul setelah Menghilang Puluhan Tahun

Rabu, 28 Februari 2024 - 14:51 WIB
Burung Spektakuler Kembali Muncul setelah Menghilang Puluhan Tahun
American Bird Conservancy mencatat burung helm kuning sebagai burung yang hilang. (Foto: Universitas Texas)
JAKARTA - Burung spektakuler helm kuning atau Prionops alberti kembali ditemukan di hutan Republik Demokratik Kongo setelah puluhan tahun menghilang. Burung ini memiliki ciri khusus berbulu hitam dan memiliki helm kuning di kepala.

American Bird Conservancy mencatat burung helm kuning sebagai burung yang hilang hingga baru-baru ini sekelompok ilmuwan menemukannya di Kongo. "Saya sangat terkesan menemukan burung-burung ini," kata Michael Harvey dari Universitas Texas di El Paso dilansir dari Miami Herald, Rabu (28/2/2024).

"Kami tahu mereka mungkin ada di sini, tetapi saya tidak siap untuk seberapa spektakuler dan unik penampilan mereka dalam kehidupan."

Para peneliti Universitas Texas di El Paso menemukan sekitar 18 burung helm kuning di tiga lokasi di pegunungan Itombwe selama ekspedisi enam minggu yang berakhir pada bulan Januari 2024.