Perbedaan Fenomena Matahari Terbit dari Barat Versi Al-Qur'an dan Ilmuwan Barat

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:47 WIB
loading...
A A A


Sementara itu, dalam Al-Qur'an sendiri telah dijelaskan jika fenomena matahari terbit dari barat merupakan sebuah kuasa dari Allah SWT dan sudah ditentukan tempat dan waktunya. Hal ini diketahui melalui Surah Luqman ayat 29.

"Apakah kamu tidak melihat bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam, serta menundukkan Matahari dan Bulan untuk bergerak hingga waktu yang ditentukan? Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (Surah Luqman ayat 29).

Dalam buku "Pintar Sains dalam Al-Quran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, telah dijelaskan bahwa terbitnya Matahari dari barat merupakan salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Terbitnya matahari dari arah barat merupakan salah satu tanda-tanda datangnya kiamat besar. Pada saat itu semua amal ibadah akan dihentikan dan pintu tobat pun akan ditutup. Hal ini sesuai dengan nubuat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Rasulullah bersabda, "Tidaklah terjadi hari kiamat sebelum Matahari terbit dari barat. Ketika hal itu terjadi dan semua manusia melihatnya, mereka akan beriman, tetapi iman yang muncul pada saat itu tidak akan memberikan manfaat bagi mereka yang sebelumnya tidak beriman atau tidak melakukan kebaikan" (HR Muslim).
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3866 seconds (0.1#10.140)