Militer Sumbang 5,5 Persen Emisi Gas Rumah Kaca Dunia

Minggu, 14 Mei 2023 - 20:55 WIB
loading...
Militer Sumbang 5,5 Persen Emisi Gas Rumah Kaca Dunia
Serangan rudal militer. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan dunia memprotes emisi militer yang dihasilkan dalam perang. Dalam penelitian terbaru, emisi militer gabungan di seluruh dunia menyumbang 5,5% emisi gas rumah kaca global (GRK).

Dilansir dari Modern Diplomacy, perang meninggalkan jejak karbon yang sangat merugikan kelangsungan hidup.

"Jika militer dunia dihitung sebagai satu negara, mereka akan mewakili jejak karbon terbesar keempat di seluruh dunia," tulis laman itu, seperti dikutip Minggu (14/5/2023).



Sebagai contoh, di Inggris. Pihak militer Inggris, menyumbang 50% dari semua emisi pemerintah. Di Amerika Serikat sumbangan karbon bahkan lebih tinggi lagi, hingga 80%.

"Emisi GRK militer sering tidak diumumkan atau disatukan bersama dengan pelaporan emisi sipil. Ini bukan tindakan yang dilakukan secara tidak mencolok, melainkan justru sebaliknya," sambungnya.

Tantangan untuk mengurangi emisi militer telah lama menjadi masalah periferal, bagi sebagian besar menteri pertahanan, sebagai kemampuan misi-kritis seperti keselamatan, keandalan, dan kinerja militer.

"Emisi militer secara inheren tinggi dibandingkan dengan sektor lain, karena beberapa faktor. Sistem yang berhubungan dengan pertahanan industri berat, seperti rudal dan senjata," jelasnya.



Kendaraan tempur Angkatan Darat hingga jet tempur, dan kapal selam, semua peralatan pertahanan penting seperti itu membutuhkan beberapa bentuk bahan bakar yang berasal dari minyak bumi.

Misalnya, pada hari tertentu divisi Angkatan Darat AS yang cukup besar, dapat mengkonsumsi hingga hampir 6.000 galon bensin, belum lagi bahan bakar yang dibutuhkan instalasi militer dan perang di seluruh dunia.

"Kenaikan harga minyak atau keputusan cepat dari CEO minyak untuk memotong produksi dapat menyandera operasi militer dan pengambilan keputusan kebijakan luar negeri," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)