Sejak 4.500 Tahun yang Lalu, Manusia Sudah Melakukan Ciuman

Jum'at, 19 Mei 2023 - 22:07 WIB
loading...
Sejak 4.500 Tahun yang Lalu, Manusia Sudah Melakukan Ciuman
Tablet zaman kuno. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Masyarakat kuno telah melakukan ciuman sejak 4.500 tahun yang lalu atau 1.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan para ilmuwan. Hal ini tampak dari tablet tanah liat masyarakat Mesopotamia.

Dilansir dari Sky News, para peneliti mengatakan ciuman itu umum dan tidak dimulai di wilayah tertentu. Mereka percaya, itu bahkan mungkin telah berkontribusi pada penyebaran luka dingin.

"Para ilmuwan mengatakan, mereka telah menemukan bukti manusia kuno mulai berciuman sekitar 4.500 tahun yang lalu atau 1.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya," kata laman itu, dikutip Jumat (18/5/2023).



Tablet tanah liat, digunakan di beberapa bagian negara Irak dan Suriah modern. Mereka mempraktikkan ciuman di masyarakat Mesopotamia paling awal yang telah berkontribusi pada penyebaran luka dingin.

Sementara itu, para peneliti dari University of Copenhagen mengatakan, mereka sekarang percaya ciuman adalah hal biasa di banyak budaya, dari pada memulai di wilayah tertentu.

"Ini bertentangan dengan hipotesis sebelumnya, bahwa bukti paling awal ciuman bibir manusia berasal dari bagian tertentu dari Asia Selatan, pada 3.500 tahun yang lalu," sambungnya.

Buktinya berasal dari tablet tanah liat yang ditulis dalam naskah runcing, tulisan yang digunakan oleh budaya manusia di Mesopotamia kuno, antara sungai Eufrat dan Tigris, di Irak dan Suriah saat ini.



Di antara tablet yang menunjukkan adegan seperti itu adalah model tanah liat Babel yang menunjukkan adegan erotis dari 1.800 SM, yang tampaknya menunjukkan bibir pasangan menyentuh.

Dr Troels Pank Arboll, seorang ahli sejarah kedokteran di Universitas Kopenhagen mengatakan, ribuan tablet tanah liat ini telah bertahan hingga hari ini.

"Ciuman dianggap sebagai bagian dari keintiman romantis dalam romantis dalam zaman kuno, sama seperti berciuman, bisa menjadi bagian dari persahabatan dan hubungan anggota keluarga," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)