Spesifikasi Rudal Scalp EG Prancis untuk Pertahanan Militer Ukraina

Sabtu, 20 Mei 2023 - 19:01 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Scalp EG Prancis untuk Pertahanan Militer Ukraina
Rudal Scalp EG atau dikenal dengan Storm Shadow merupakan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara yang diproduksi oleh MBDA. Foto/Mezha Media
A A A
PARIS - Rudal Scalp EG buatan Prancis kabarnya akan segera dipasok ke wilayah Ukraina. Misil canggih ini diketahui pernah digunakan untuk mengebom bunker militer Muammar Gaddafi pada tahun 2011 silam.

Misil mengerikan itu akan dipasok oleh Prancis untuk membantu tentara Kiev dalam melakukan serangan balas dendam terhadap pasukan Moskow. Rudal Scalp EG dipercaya akan menambah kekuatan Ukraina karena memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Rudal Scalp EG atau dikenal dengan Storm Shadow merupakan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara yang diproduksi oleh MBDA. Di Inggris rudal ini disebut Storm Shadow, sedangkan di Prancis disebut Scalp EG (Emploi General), yang berarti rudal jelajah jarak jauh.



Rudal Scalp EG dibuat dan dirancang untuk penyerangan target tetap dan bergerak dengan tingkat akurasi yang tinggi. Senjata ini mampu beroperasi di segala kondisi cuaca dan dapat diluncurkan dari berbagai pesawat tempur, seperti Tornado, Rafale, dan Typhoon.

Rudal Scalp EG ditenagai oleh mesin turbojet dan memiliki jangkauan hingga 560 km, tetapi versi ekspornya hanya memiliki jangkauan terbatas hingga 250 km. Rudal ini dilengkapi dengan berbagai sistem panduan, termasuk navigasi inersia, sensor pelacakan medan, dan radar.

Rudal Scalp EG telah digunakan dalam pertempuran oleh angkatan bersenjata Inggris dan Prancis. Rudal ini digunakan selama invasi ke Irak pada tahun 2003, perang di Libya (2011), dan operasi di Suriah (2015).


Spesifikasi Rudal Scalp EG

Spesifikasi Rudal Scalp EG Prancis untuk Pertahanan Militer Ukraina


Diproduksi: MBDA
Negara Pengembang: Inggris dan Prancis
Dimensi: Panjang 5,1 meter, lebar sayap 3 meter, diameter 0,48 meter, dan berat 1.300 Kg
Mesin BROACH: Turbomeca Microturbo TRI 60-30 turbojet, menghasilkan daya dorong 5,4 kN
Jangkauan operasional: 560 km atau 250 km (versi ekspor)
Ketinggian penerbangan: 30-40 meter
Sistem Navigasi: Inersia, GPS, dan TERPROM
Platform peluncuran: Panavia Tornado, Dassault Mirage 2000, dan Dassault Rafale
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)