Perbandingan Rudal Jelajah Tomahawk, Kalibr, dan Brahmos

Senin, 08 Mei 2023 - 17:42 WIB
loading...
Perbandingan Rudal Jelajah Tomahawk, Kalibr, dan Brahmos
Rudal jelajah sejenis peluru kendali strategis terbang rendah dengan kemampuan membawa hulu ledak nuklir dan konvensional. Foto/navalpost/MDAA
A A A
MOSKOW - Rudal jelajah sejenis peluru kendali strategis terbang rendah dengan kemampuan membawa hulu ledak nuklir dan konvensional. Rudal jelajah mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan subsonik, supersonik, atau hipersonik, pada lintasan non-balistik dengan ketinggian sangat rendah sekitar 50 meter di atas permukaan laut.

Rudal jelajah adalah salah satu sistem senjata paling tangguh dalam inventaris sebagian besar negara. Namun, biayanya yang mahal dan sekali pakai, penggunaan rudal jelajah dalam skala besar terhadap target permukaan bernilai rendah dinilai tidak ekonomis.

Rudal jelajah dapat dikategorikan berdasarkan ukuran, kecepatan, jangkauan, dan platform peluncuran (diluncurkan dari darat, udara, kapal permukaan, atau kapal selam). Seringkali versi rudal yang sama diproduksi untuk platform peluncuran berbeda.



Terkadang versi yang diluncurkan dari udara dan kapal selam sedikit lebih ringan dan lebih kecil dari versi yang diluncurkan dari darat dan kapal. Berikut perbandingan rudal jelajah Tomahawk milik Amerika Serikat, Kalibr (Rusia), dan Brahmos (India-Rusia) dirangkum dari laman military today, missiledefenseadvocacy, dan navalpost, Senin (8/5/2023).

Tomahawk

Perbandingan Rudal Jelajah Tomahawk, Kalibr, dan Brahmos


Tomahawk adalah rudal jelajah subsonik jarak jauh, segala cuaca, yang ditembakkan dari kapal permukaan dan kapal selam. Rudal jelajah Tomahawk awalnya diproduksi oleh General Dynamics, saat ini diproduksi oleh Raytheon.

Rudal Tomahwak memiliki panjang 5,56 meter, diameter 51,8 cm dan lebar sayap 2,67 meter. Rudal seberat 1.315 kg ini membawa hulu ledak nuklir atau konvensional.

Rudal Tomahawk ditenagai oleh mesin turbo-fan jelajah Williams International F415 dan motor roket ARC MK 135. Propulsi ini rudal Tomahwak mampu memberikan kecepatan subsonik 880 km per jam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4151 seconds (0.1#10.140)