Rabu, 24 Mei 2023 - 14:23 WIB
Bak Api Neraka, Begini Foto Matahari dalam Resolusi Tinggi
Foto sun spot atau bintik matahari yang ukurannya sangat masif. Foto: ist
JAKARTA - Matahari memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan di Bumi. Tapi, banyak tidak tahu seperti apa sih bentuk permukaan matahari secara dekat.

Foto matahari terbaru diungkap oleh Daniel K. Inouye Solar Telescope. Hasilnya, sangat unik dan bahkan terlihat sangat menakutkan. Foto tersebut menunjukan bahwa matahari sedang meningkatkan aktivitasnya.

Untuk diketahui, Teleskop Surya Inouye adalah yang terbesar dan terkuat di dunia. Teleskop itu tidak hanya mendapat gambar yang sangat detail. Tapi juga secara perlahan diharapkan dapat mengungkap berbagai misteri alam semesta.

Masing-masing bintik berjarak sekitar 1.000 kilometer. Foto: dok IFL Science

Dihimpun dari IFL Science, Rabu (24/5), setelah lebih dari satu tahun pengamatan, didapat setidaknya delapan foto yang menunjukkan sejumlah aktivitas yang terjadi di pusat tata surtya tersebut.

Salah satu foto berfokus pada fotosfer, wilayah yang biasa disebut sebagai permukaan Matahari. Dalam foto menunjukkan area Matahari sebagian besar tenang dengan beberapa area yang lebih aktif dari biasanya.

Plasma yang lebih panas naik dari bagian dalam Matahari, membuat bintik-bintik lebih terang, dengan plasma yang lebih dingin membentuk garis yang sedikit lebih gelap di antara setiap sel.

Namun jika melihat daerah yang benar-benar gelap di permukaan Matahari, terlihat bahwa Matahari sedang menuju aktivitas maksimum, momen ketika aktivitasnya memuncak selama siklus 11 tahunan.

Bak Api Neraka, Begini Foto Matahari dalam Resolusi Tinggi

Terkadang energi magnetik yang terbentuk di sekitar matahari dilepaskan dalam peristiwa eksplosif seperti semburan Matahari dan lontaran massa koronal. Peristiwa ini bisa sangat berbahaya jika terjadi.

Hal itu bisa mengubah cuaca luar angkasa di sekitar planet, memengaruhi satelit, saluran listrik, dan teknologi lainnya. Sampai saat ini para ilmuwan masih terus mengamati pergerakantersebut.