6 Fakta Dracula Simia, Tanaman Anggrek Berwajah Monyet

Senin, 29 Mei 2023 - 08:12 WIB
loading...
6 Fakta Dracula Simia, Tanaman Anggrek Berwajah Monyet
Tanaman Dracula Simia adalah salah satu tanaman anggrek yang menarik dan unik karena penampilannya yang menyerupai wajah monyet. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Meski diberi nama Dracula Simia , tapi tanaman tersebut sama sekali bukan karnivora dan bahkan tidak ada hubungannya dengan darah. Dracula Simia adalah nama dari tanaman anggrek yang absurd karena memiliki tampang mirip monyet, bukan Dracula.

Dracula Simia termasuk salah bunga anggrek yang sangat langka. Juga banyak dicari karena keunikannya. Begitu langkanya, wajar jika banyak yang belum pernah melihat langsung tanaman tersebut.

Profesor Biologi Barbara “Bitty” Roy kepada National Geographic Society and National Science Foundation menyebut bahwa Dracula Simia adalah anggrek yang unik karena memiliki sifat mimikri.

“Mimikri adalah salah satu contoh seleksi alam terbaik yang kita miliki,” kata Roy. "Bagaimana mimikri berevolusi adalah pertanyaan besar dalam biologi evolusi. Dalam hal ini, ada sekitar 150 spesies anggrek ini. Bagaimana mereka diserbuki? Hubungan macam apa yang ada?,” katanya.

Nah, berikut adalah fakta tentang Dracula Simia:

1. Nama yang unik

Tanaman Dracula Simia dikenal juga dengan sebutan "anggrek monyet" atau "anggrek wajah monyet" karena penampilannya yang menyerupai wajah monyet. Karakteristik ini membuatnya menjadi salah satu tanaman anggrek yang paling menggemaskan dan menarik perhatian.

2. Habitat alami

Dracula Simia berasal dari hutan hujan pegunungan di Amerika Tengah dan Selatan, terutama dari wilayah Peru dan Ekuador. Tanaman ini tumbuh di ketinggian antara 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

3. Penampilan unik

6 Fakta Dracula Simia, Tanaman Anggrek Berwajah Monyet

Salah satu ciri khas Dracula Simia adalah bunga-bunganya yang menyerupai wajah monyet. Bunga ini memiliki bentuk tubuh kecil dengan kelopak berwarna kuning dan cokelat serta bibir bawah yang menyerupai hidung dan mulut monyet. Bentuknya yang unik ini telah menarik minat banyak kolektor tanaman hias.

4. Aroma tidak biasa

Selain penampilan menarik, Dracula Simia juga terkenal karena memiliki aroma khas. Bunga-bunga ini mengeluarkan aroma mirip bau jeruk atau pisang yang matang. Aroma yang kuat ini dianggap sebagai strategi untuk menarik serangga penyerbuk seperti lebah.

5. Perawatan khusus

Dracula Simia adalah tanaman anggrek yang membutuhkan perawatan khusus. Mereka membutuhkan suhu yang sejuk dan lembab, serta pencahayaan yang terang, tetapi tidak langsung terkena sinar matahari. Tanaman ini juga membutuhkan substrat yang baik untuk drainase yang baik dan kelembaban yang konsisten.


6. Terancam punah

Seperti banyak spesies anggrek lainnya, Dracula Simia juga menghadapi ancaman dari perusakan habitat alami mereka dan perburuan liar. Karena itu, penting untuk melindungi dan melestarikan populasialaminya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7330 seconds (0.1#10.140)