5 Fakta Unik Lalat yang Jarang Diketahui, Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu?

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:57 WIB
loading...
5 Fakta Unik Lalat yang Jarang Diketahui, Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu?
Terdapat sejumlah fakta unik lalat yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah fakta unik lalat yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Salah satunya adalah terkait keberadaannya yang disebut sudah ada sejak jutaan tahun lalu.

Bagi sebagian besar orang, lalat termasuk jenis serangga yang menyebalkan. Mereka sering terbang di sekitar kita dan banyak disebut menjadi sumber penyakit.

Namun, di samping itu ternyata lalat memiliki sederet fakta unik yang jarang diketahui orang banyak. Berikut di antaranya.


Fakta Unik Lalat

1. Banyak Spesies dan Bisa Hidup di Berbagai Habitat

Lalat memang memiliki banyak spesies berbeda di dunia. Dalam hal ini, mereka bisa hidup di banyak habitat berkat kemampuan adaptasinya.

Mengutip A-Z Animals, diperkirakan ada lebih dari satu juta spesies lalat di dunia. Hanya saja, memang semuanya belum diidentifikasi dan mendapat penggolongan sendiri.

Berbicara tentang habitat, bahkan terdapat spesies lalat yang hidup di Antartika. Midge Antartika merupakan salah satu endemik yang secara unik bisa bertahan hidup di suhu dingin.

2. Mengepakan Sayap 200 kali Per Detik

Layaknya serangga terbang lainnya, lalat juga memanfaatkan sayapnya untuk bisa terbang. Memiliki sepasang sayap, mereka bisa mengepakan sayapnya hingga 200 kali setiap detik.

Bukan tanpa alasan, hal ini memungkinkannya bisa terbang dengan kecepatan sangat tinggi dan gesit. Maka dari itu, tentunya cukup masuk akal ketika seseorang beranggapan lebih sulit menangkap lalat daripada serangga lainnya.


3. Bisa Mencicipi Makanan dengan Kakinya

Lalat juga memiliki reseptor rasa di tungkai dan kakinya. Maka dari itu, sebelum memutuskan ingin memakan sesuatu, mereka mencobanya lebih dulu dengan kakinya.

Bagi lalat, hal ini merupakan cara efisien daripada langsung menggunakan mulutnya. Barulah setelah memutuskan, mereka bisa memakannya secara bebas.

4. Bisa Melihat ke Belakang

Tidak seperti manusia, lalat memiliki mata majemuk. Mata ini memberinya bidang pandang hampir 360 derajat, sehingga memungkinkannya melihat ke belakang.

Selain itu, matanya ini juga bisa melihat ke segala arah. Memungkinkannya tetap terbang sambil menghindari bahaya.

5. Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu

Salah satu hal mengejutkan dari lalat adalah keberadaannya yang disebut sudah ada sejak lama. Mereka diketahui sudah hadir ketika periode Middle Triassic yang kira-kira 240 juta tahun lalu.

Pada perkembangannya, mereka mulai menyebar dan berkembang biak dengan cepat. Sampai saat ini, serangga pengganggu ini cukup sering dijumpai orang-orang dimana pun berada.

Itulah sejumlah fakta unik dari lalat yang mungkin jarang diketahui orang banyak.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3555 seconds (0.1#10.140)