Panda Albino Raksasa Tertangkap CCTV di China, Satu-satunya di Dunia

Senin, 05 Juni 2023 - 08:56 WIB
loading...
Panda Albino Raksasa Tertangkap CCTV di China, Satu-satunya di Dunia
Ilmuwan China dikejutkan dengan rekaman CCTV panda raksasa albino di alam liar. Diperkirakan panda tersebut satu-satunya di dunia. Foto: dok Wolong National Nature Reserve
A A A
CHINA - Seekor panda raksasa albino langka ditemukan di alam liar di barat day China. Tepatnya, di Cagar Alam Nasional Wolong , China. Begitu langkanya, dipercaya ini adalah satu-satunya panda albino di dunia.

Panda tersebut terekam dengan sangat jelas lewat kamera CCTV milik Cagar Alam Nasional Wolong. Kamera CCTV tersebut menggunakan sensor gerak. Hanya merekam, jika ada objek bergerak yang lewat di depannya. Khususnya, panda.

Para peneliti terkejut ketika dihadapkan pada tampilan panda dengan ukuran yang sangat besar. Panda serba putih langka itu terakhir terlihat di 2019 di lokasi yang tidak jauh berbeda.

Pihak Cagar Alam Nasional Wolong sejak itu sudah membentuk tim untuk memantau pergerakan dan rutinitas panda melalui kamera yang diaktifkan dengan gerakan, lapor South China Morning Post.

Rekaman terbaru yang diambil di Cagar Alam Nasional Wolong di Provinsi Sichuan menunjukkan panda dengan seekor panda betina dan seekor anaknya. Diyakini sebagai satu-satunya panda raksasa albino di dunia, menurut China Xinhua News.

Panda Albino Raksasa Tertangkap CCTV di China, Satu-satunya di Dunia

Panda albino langka yang terlihat di Cagar Alam Wolong. Foto:Cagar Alam Nasional Wolong

Hewan yang diyakini berusia sekitar lima atau enam tahun ini memiliki bulu putih dan mata merah, merupakan salah satu dari 150 panda raksasa yang ada di cagar, menurut The Independent.

Hewan albino dapat menderita penyakit tertentu yang disebabkan oleh cacat genetik, tetapi panda tersebut tampaknya tidak menderita masalah kesehatan utama apa pun, lapor ABC Australia.



"Masih belum jelas apakah gennya akan diwariskan dan terus diturunkan pada anak-anaknya. Masih diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan," kata Li Sheng, seorang peneliti di Universitas Peking.

"Sejauh ini kami dapat mengatakan bahwa panda putih hidup dengan sangat baik dalam kelompok spesiesnya dan di lingkungan alam," tambah Li Sheng dalam wawancara dengan kantor berita video China, CCTV.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2679 seconds (0.1#10.140)