Mengenal 8 Spesies Beruang, Ternyata Ada Panda

Kamis, 02 November 2023 - 08:05 WIB
loading...
Mengenal 8 Spesies Beruang, Ternyata Ada Panda
Beruang termasuk dalam hewan yang diklasifikasikan rentan terhadap kepunahan. (Foto: Care Animal)
A A A
JAKARTA - Beruang menjadi salah satu spesies hewan besar berekor pendek yang ditemukan di Amerika, Eropa, dan Asia. Ada 8 spesies, termasuk di dalamnya panda.

Beruang termasuk jenis hewan omnivora. Namun, preferensi makanan yang ada pada masing-masing habitatnya terkadang membuat beberapa jenis beruang menjadi karnivora dan herbivora.

Beruang memiliki berat badan yang beragam. Beratnya bisa terus bertambah karena makanan yang dikonsumsi sangat banyak.

Beruang termasuk dalam hewan yang diklasifikasikan rentan terhadap kepunahan. Banyak ancaman yang diterima oleh beruang termasuk perburuan oleh manusia, hilangnya habitat asli, dan perdagangan hewan untuk dipelihara dan pertunjukan sirkus.

Berikut delapan jenis beruang yang ada di dunia dilansir dari laman IUCN, Kamis (2/11/2023).

1. Beruang Coklat


Beruang coklat atau Ursus Arctos adalah spesies beruang yang banyak ditemukan di Alaska, Kanada, Washington, Montana, dan Wyoming.



Beruang coklat memiliki berat sekitar 317 - 720 kilogram dengan tinggi 1,5 - 2,4 meter. Beruang coklat adalah hewan omnivora yang sering memakan buah ceri, pucuk tanaman, mamalia kecil, ikan, anak sapi, dan juga bangkai. Beruang coklat menyimpan makanannya di lubang dangkal.

Biasanya, beruang coklat akan berhibernasi pada musim dingin dan akan mengumpulkan lemak dengan jumlah yang sangat besar selama musim panas dan musim gugur.

2. Beruang Hitam Amerika


Beruang hitam Amerika adalah salah satu jenis beruang yang memiliki berat sekitar 60 - 300 kilogram dengan tinggi 1,3 - 1,9 meter. Beruang jenis ini banyak ditemukan di hutan Amerika Utara dan Meksiko.

Beruang hitam tergolong hewan karnivora yang memiliki pola makan omnivora. Pada musim semi, mereka akan mengkonsumsi tumbuhan yang baru tumbuh. Lalu pada musim dingin, mereka akan mengkonsumsi bangkai hewan yang sudah mati.

Beruang hitam termasuk dalam hewan yang mudah beradaptasi dengan sumber makanan. Bahkan, beruang hitam bisa memakan sampah dari tempat pembuangan sampah.

3. Beruang Kutub


Beruang kutub memiliki tubuh yang kekar, leher panjang, kepala yang relatif kecil, telinga pendek membulat, dan ekor yang pendek. Besar beruang kutub bisa mencapai 410 - 720 kilogram dengan tinggi sekitar 1,6 meter. Beruang kutub termasuk hewan karnivora terbesar dan terkuat yang ada di darat. Mereka tidak memiliki predator alami dan tidak takut dengan manusia.

Beruang kutub banyak ditemukan di wilayah Arktik, Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, dan beberapa pulau utara Norwegia seperti Svalbard.

4. Beruang Hitam Asia


Beruang hitam Asia banyak ditemukan di Afganistan, Bangladesh, Butan, Kamboja, China, India, dan beberapa negara lainnya di Asia Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)