Gua Utroba di Bulgaria, Kuil Suci yang Bentuknya Mirip Kelamin Wanita

Selasa, 06 Juni 2023 - 07:43 WIB
loading...
Gua Utroba di Bulgaria, Kuil Suci yang Bentuknya Mirip Kelamin Wanita
Gua Utroba. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gua Utroba, di Pegunungan Rhodope, Bulgaria, merupakan gua buatan. Gua ini dipahat dengan tangan lebih dari 3000 tahun yang lalu dan memiliki bentuk unik menyerupai alat kelamin wanita.

Dilansir dari Twitter Historic Vids @historyinmemes, gua Utroba memiliki bentuk unik menyerupai alat kelamin wanita dan menampilkan tampilan cahaya alami yang memesona, melambangkan pembuahan.

"Nama Utroba berasal dari kemiripannya dengan rahim wanita. Di dalam gua, air terus mengalir di sepanjang dinding, menciptakan suasana yang tenang," katanya, dikutip Selasa (6/6/2023).


Di ujung selatan gua, sebuah altar diukir dengan rumit, membuat sejarawan percaya bahwa itu pernah digunakan sebagai kuil Kesuburan. Gua ini terletak 20 kilometer dari Kota Kardzhali, dekat Desa Ilinitsa, pada 480 SM.

Berdasarkan data Wikiwand, gua ini disebut juga sebagai gua rahim, karena pintu masuknya berbentuk vulva. Bagian dalam gua menyerupai rahim. Secara lokal itu juga disebut The Blaring Rock.

Para peneliti percaya, bahwa pintu masuk ke gua adalah celah, yang kemudian dilebarkan oleh manusia. Pintu masuk ke gua memiliki tinggi 3 meter (9,8 kaki) dan lebar 2,50 m (8,2 kaki). Di dalamnya ada altar 1,3 m (4,3 kaki).

Arkeolog Nikolay Ovcharov percaya, bahwa gua dan altar digunakan oleh orang-orang Thracian. Ada beberapa tempat suci Thracian yang ditemukan di Bulgaria.



"Gua ini digunakan sebagai kuil kesuburan untuk orang Thracian. Tempat-tempat kultus orang Thracian biasanya terletak di puncak pegunungan dan mereka memiliki air mengalir," katanya.

Ada juga air terus mengalir di gua Utroba ke kaki bukit. Ada celah di langit -langit yang memungkinkan cahaya masuk ke gua. Cahaya ini menciptakan bentuk lingga, dan mencapai altar pada satu hari dalam setahun.

Hingga hari ini, banyak pasangan tanpa anak yang pergi ke gua itu untuk berdoa agar segera hamil seorang anak.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)