Ahli Paleontologi Temukan Pemakaman Manusia Purba Tertua di Dunia

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:25 WIB
Ahli Paleontologi Temukan Pemakaman Manusia Purba Tertua di Dunia
Para peneliti menemukan beberapa spesimen Homo naledi, hominid zaman batu yang cenderung memanjat pohon, terkubur sekitar 30 meter di bawah tanah dalam sistem gua di Cradle of Humankind, situs warisan dunia. FOTO/ AFP
MAROPENG - Sebuah tim ahli paleontologi menemukan situs pemakaman tertua di dunia di Afrika Selatan.

Situs pemakaman kuno ini diduga milik manusia purba dengan otak kecil yang sebelumnya dianggap tidak mampu berperilaku kompleks.

Seperti dilansir dari Unilad, tim tersebut dipimpin oleh ahli paleoantropologi terkenal, Lee Berger.

Para peneliti menemukan beberapa spesimen Homo naledi, hominid zaman batu yang cenderung memanjat pohon, terkubur sekitar 30 meter di bawah tanah dalam sistem gua di Cradle of Humankind, situs warisan dunia Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) di dekat Johannesburg.

"Ini adalah penguburan tertua yang pernah tercatat dalam catatan hominin, mendahului bukti penguburan Homo sapiens setidaknya 100.000 tahun," tulis para ilmuwan di eLife.

Temuan ini menantang pemahaman evolusi manusia saat ini, karena umumnya dianggap bahwa perkembangan otak yang lebih besar memungkinkan untuk aktivitas 'menafsirkan' yang kompleks seperti mengubur orang mati.

Pemakaman tertua yang pernah ditemukan, ditemukan di Asia Barat dan Afrika, ditemukan sisa-sisa Homo sapiens dan diperkirakan berumur sekitar 100.000 tahun.

Yang ditemukan di Afrika Selatan oleh Berger, yang pengumumannya sebelumnya kontroversial, dan rekan penelitinya, berasal dari setidaknya 200.000 tahun sebelum Kristus (SM).

Yang kritis, dengan ditemukannya Homo naledi, spesies primitif antara kera dan manusia modern, yang memiliki otak seukuran jeruk dan tingginya sekitar 1,5 meter (lima kaki).