Peneliti Ungkap Masturbasi Berasal dari Monyet 40 Juta Tahun Lalu

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:52 WIB
loading...
Peneliti Ungkap Masturbasi Berasal dari Monyet 40 Juta Tahun Lalu
Ilustrasi primata atau monyet. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Manusia mungkin harus berterima kasih kepada monyet, karena telah menemukan masturbasi. Hal ini diungkapkan ahli biologi evolusi di University College London.

Dalam penelitiannya, masturbasi berkembang secara harfiah jutaan tahun yang lalu. Bahkan, telah berlangsung selama 40 juta tahun lalu, bersama manusia dan primata.

Dr Matilda Brindle, peneliti utama dalam penemuan itu mengatakan, masturbnasi juga dapat meningkatkan peluang primata laki-laki untuk memiliki keturunan dengan dua mekanisme yang mengejutkan.


"Pertama, ejakulasi setelah masturbasi membantu melepaskan semen berkualitas rendah, meninggalkan sperma segar yang tersedia untuk kawin," katanya, dikutip dari Metro, Rabu (7/6/2023).

Kedua, ini dapat mengurangi kemungkinan tertular infeksi yang ditransmisikan secara seksual (IMS) dengan membersihkan uretra, tabung yang menghilangkan semen dan urin dari tubuh, situs utama infeksi bagi banyak IMS.

"Temuan kami membantu menjelaskan perilaku seksual yang sangat umum, tetapi sedikit dipahami, dan mewakili kemajuan yang signifikan dalam pemahaman kami tentang fungsi masturbasi," ungkapnya.

Masturbasi adalah umum di antara hewan, tetapi dianggap lebih lazim pada primata, termasuk simpanse, kera dan manusia. Bonobos, dari genus yang sama dengan simpanse, terkenal dengan kehidupan seks yang aktif.


Studi yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding Royal Society B, berfokus pada hewan primata, baik liar maupun tawanan. Dalam penelitian itu, Dr Brindle dan rekan-rekannya mengumpulkan informasi dari 246 makalah akademik yang diterbitkan dan 150 kuesioner, dengan tujuan untuk memahami kapan dan mengapa masturbasi berkembang.

Mereka juga menganalisis komunikasi pribadi dari para ahli primata dan penjaga kebun binatang.

"Ini adalah perilaku umum di seluruh kerajaan hewan. Saya merasa benar-benar membingungkan,, bahwa tidak ada yang meneliti sebelumnya,” ungkap Dr Brindle.

Yang mengejutkan, seperti yang sering terjadi pada pria, tidak ada informasi yang cukup untuk memastikan apa yang mendorong masturbasi perempuan. Maka, orgasme wanita terus menjadi misteri.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)