Kondisi Fisiologis Firaun Ramses II setelah Tenggelam di Laut Merah

Rabu, 07 Juni 2023 - 23:59 WIB
loading...
Kondisi Fisiologis Firaun Ramses II setelah Tenggelam di Laut Merah
Ramses II adalah firaun ketiga dari Dinasti ke-19 di Mesir yang sering dianggap sebagai salah satu penguasa terbesar dan paling terkenal. Foto/egypttoday
A A A
KAIRO - Ramses II adalah firaun ketiga dari Dinasti ke-19 di Mesir yang sering dianggap sebagai salah satu penguasa terbesar dan paling terkenal. Ramses II hidup sampai usia 96 enam tahun dan berkuasa selama 60 tahun.

Ramses II yang dikenal sebagai Userma'atre'setepenre atau Ozymandias atau Ramses Agung memerintah pada tahun 1279 sampai 1213 SM. Ramses II merupakan putra dari Firaun Seti 1 atau Sethos 1 yang berkuasa pada tahun 1294 hingga 1279 SM.

Ramses II memiliki keluarga yang sangat besar dengan banyak istrinya, salah satu istri yang sangat dia hormati adalah Nefertari. Ramses II memiliki lebih dari 200 istri dan selir, 96 putra dan 60 putri.



Makam Ramses II ditemukan di Lembah Para Raja, dekat tepi barat Sungai Nil, Kairo, Mesir. Proses eksplorasi kompleks makam Lembah Para Raja dilakukan pada tahun 1821, namun mumi Ramses II baru ditemukan tahun 1881.

“(Mumi Ramses II) Salah satu dari sedikit firaun yang tubuhnya sebagian besar masih utuh,” kata arkeolog Mesir Tony Robinson, dikutip SINDOnews dari laman express, Rabu (7/6/2023).

Lokasi makam Ramses II dikenal sebagai makam TT3BO, ruang pemakaman kuno ini terletak di sebelah Deir el-Bahri, di Nekropolis Theban, seberang kota modern Luxor. Tempat ini juga berisi peristirahatan terakhir Imam Besar Amun Pinedjem II, istrinya Nesikhons, dan anggota keluarga dekat lainnya.

Dikutip dari laman Britannica, mumi Ramses II berukuran tinggi lebih dari enam kaki (1,8 meter) dengan rahang yang kuat dan menonjol, hidung tipis dan bibir tebal. Dia menderita masalah gigi, radang sendi yang parah, dan pengerasan pembuluh darah dan, kemungkinan besar, meninggal karena usia tua atau gagal jantung.



Pada tahun 1975, Maurice Bucaille, seorang dokter Prancis yang memeriksa jenazah Ramses II menyimpulkan bahwa mumi firaun ini berisiko terkena jamur dan diperlukan perawatan untuk melestarikan mumi tersebut. Mumi Ramses II harus diterbangkan ke Prancis untuk mendapatkan perawatan.Pada tahun 1976, otoritas Mesir mengeluarkan paspor Mesir modern untuk Firaun Ramses II agar bisa masuk ke Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)