Dibekali Pertahanan Elektronik Vitebsk-25, Helikopter Rusia Ka-52 Hindari 18 Rudal Stinger

Minggu, 11 Juni 2023 - 10:51 WIB
loading...
Dibekali Pertahanan Elektronik Vitebsk-25, Helikopter Rusia Ka-52 Hindari 18 Rudal Stinger
Kemampuan helikopter Rusia Ka-52 Alligator semakin menakutkan setelah dibekali perangkat pertahanan elektronik Vitebsk-25. Foto/Dzen.ru/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Kemampuan helikopter Rusia Ka-52 Alligator semakin menakutkan setelah dibekali perangkat pertahanan elektronik Vitebsk-25. Terbukti satu unit helikopter serang Rusia ini dilaporkan mampu lolos dari serangan 18 rudal MANPADS Stinger.

Dilaporkan laman Bulgarian Military, banyak ahli dari kedua kubu (Rusia dan Ukraina) menganalisa secara cermat alasan MANPADS stinger kurang efektif untuk merontokkan helikopter Moskow dalam tiga hari belakangan. Dari kesimpulan sementara, banyak helikopter Rusia yang beroperasi, seperti Ka-52 Alligator dan Mi-28 Night Hunters dilengkapi perangkat elektronik penawar rudal Stinger.

Beberapa sumber tidak resmi yang dikonfirmasi badan RIA, menyebutkan salah satu helikopter Ka-52 menjadi sasaran 18 serangan sekaligus oleh sistem anti-pesawat portabel (MANPADS). Namun, helikopter itu dengan tenang kembali ke pangkalan tanpa satu pun bagian yang tergores.



Bulgarian Military menyebutkan kemampuan ini berkat andil perangkat pertahanan elektronik yang disematkan pada helikopter Ka-52 Alligator yang disebut Vitebsk-25. Perangkat elektronik ini mampu mendeteksi posisi peluncuran dan membelokkan rudal yang ditembakkan secara otomatis.

“Ini adalah rekor nyata dan tidak ada keajaiban di sini. Ada karya sistematis dari perancang dan insinyur Rusia, yang diwujudkan dalam sebuah "produk" dengan nama Vitebsk-25 yang lebih dikenal dengan nama President-S,” tulis Bulgarian Military dikutip SINDOnews, Minggu (11/6/2023).

Spesifikasi Pertahanan Udara Vitebsk-25

Dibekali Pertahanan Elektronik Vitebsk-25, Helikopter Rusia Ka-52 Hindari 18 Rudal Stinger

Sistem pertahanan udara Vitebsk-25 pertama kali dipresentasikan di Eurosatory-2010 di Paris pada tahun 2010. Ketika itu, banyak ahli tidak percaya pada kemampuannya untuk menangkis sejumlah besar rudal.

Lima tahun kemudian, majalah Air International menerbitkan laporan dari Kementerian Pertahanan Mesir, yang menargetkan helikopter Ka-52 Rusia sebagai tes sebelum membelinya. Helikopter yang dipasang di Vitebsk-25 kemudian ditembaki oleh dua lusin rudal MANPADS Igla Rusia.



Hasilnya, tidak ada satu pun rudal MANPADS Igla yang mengenai sasaran. Meskipun, tanpa spesifikasi terperinci, beberapa laporan media Barat menunjukkan bahwa Vitebsk-25 memiliki penanggulangan laser terhadap rudal darat-ke-udara dan udara-ke-udara dengan panduan infra merah yang ditingkatkan dalam suar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2806 seconds (0.1#10.140)