Gawat, Rahasia Helikopter Canggih Rusia Ka-52 Alligator Jatuh ke Tangan AS

Kamis, 29 Desember 2022 - 20:47 WIB
loading...
Gawat, Rahasia Helikopter Canggih Rusia Ka-52 Alligator Jatuh ke Tangan AS
Salah satu helikopter serang canggih milik Rusia Ka-52 Alligator paling banyak jadi incaran pasukan Ukraina selama konflik yang pecah sejak Februari 2022. Foto/BulgarianMilitary/Twitter/Wikipedia
A A A
KIEV - Salah satu helikopter serang canggih milik Rusia Ka-52 Alligator paling banyak jadi incaran pasukan Ukraina selama konflik yang pecah sejak Februari 2022. Pasukan Ukraina dikabarkan berhasil mendapatkan satu unit helikopter serang Ka-52 yang ditinggalkan pilotnya.

Senjata yang disita angkatan bersenjata Ukraina, juga berarti senjata milik barat juga. Dalam kasus ini misalnya, ahli militer dari Angkatan Darat AS kemungkinan besar akan segera mendapatkan akses ke helikopter Ka-52 Alligator milik Rusia yang paling menakutkan.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Kamis (29/12/2022), helikopter serang Ka-52 dengan nomor ekor 18 kini berada di tangan tentara Ukraina. Ada banyak bukti bahwa Rusia kehilangan setidaknya 25 helikopter serang Ka-52 Alligator sejak Februari hingga November.



Namun sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa setidaknya satu dari 25 helikopter Ka-52 itu tidak hancur, melainkan direbut. “Belum ada informasi kapan video itu diambil. Bisa jadi sudah berbulan-bulan lalu dan helikopter itu sudah tidak ada lagi di Ukraina,” tulis Bulgarian Military.

Bahkan mungkin helikopter itu ada di suatu tempat di pangkalan militer sementara di Republik Ceko dan Polandia, dan setelah dipelajari oleh militer AS, untuk dikembalikan ke Ukraina. Setidaknya sejak awal perang, terlihat jelas bahwa Ukraina, dengan bantuan asing, memperbaiki senjata Rusia yang direbut dan menggunakannya untuk melawan Rusia.

Tidak ada yang bisa menebak di mana helikopter itu ditangkap. Menurut nomor registrasinya, helikopter itu tertahan karena ada gangguan teknis di area Bandara Hostomel [Gostomel]. Ini adalah lapangan terbang yang digunakan pada bulan-bulan pertama invasi Rusia untuk menyerang posisi di dekat Kiev.
Gawat, Rahasia Helikopter Canggih Rusia Ka-52 Alligator Jatuh ke Tangan AS


Menurut informasi terutama di jejaring sosial, yang tidak dapat dikonfirmasi, awak helikopter Ka-52 dengan nomor ekor 18 meninggalkan helikopter yang macet. Dia tinggal di sana setidaknya selama 40 hari tanpa upaya angkatan bersenjata Rusia untuk menjemputnya.



Ukraina kemudian mendapatkan kembali kendali atas bandara dan dengan demikian memperoleh helikopter Rusia Ka-52. Akan menarik untuk menunggu untuk mengetahui komponen, elemen, dan bahan apa yang digunakan dalam pengembangan Ka-52.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)