China akan Tempatkan Satelit Kecil dan Teleskop Radio di Bulan

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:14 WIB
loading...
China akan Tempatkan...
China akan tempatkan satelit dan teleskop radio di bulan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - China berencana menempatkan rasi satelit kecil di orbit, di sekitar bulan, untuk membuat teleskop radio yang akan membuka jendela baru ke alam semesta.

Xuelei Chen, astronom di China National Space Administration (CNSA) mengatakan, mereka berencana menempatkan array yang terdiri dari satu ibu dan delapan putri mini.

"Sang ibu akan memproses data dan berkomunikasi dengan Bumi, dan anak-anak perempuan akan mendeteksi sinyal radio dari jangkauan terjauh Cosmos," katanya, dikutip dari Space, Minggu (11/6/2023).


Dilanjutkan dia, array seperti itu akan mengorbit di sekitar bulan. Secara teknis, mereka akan lebih layak membangun teleskop langsung di permukaan bulan.

"Ada sejumlah keuntungan dalam melakukan ini di orbit, karena itu jauh lebih sederhana. Tidak perlu pendaratan dan penyebaran, dan juga karena periode orbital bulan adalah dua jam, kita dapat menggunakan tenaga surya, yang jauh lebih sederhana daripada melakukannya di permukaan bulan," sambungnya.



Ditambah, mereka ingin mengamati bulan Lunar Malam, dan harus menyediakan energi selama hampir 14 hari. "Proyek ini disebut dengan Hongmeng, dan dapat mengorbit bulan pada awal 2026," jelasnya.

Ilmuwan Cina sebelumnya telah menguji pendekatan ini dengan dua mikrosatelit yang disebut Longijang 1 dan Longijang 2. Proyek itu disebut juga sebagai menemukan Langit pada Pathfinder Panjang Gelombang Terpanjang.
(san)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)