Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Teknologi, Solusi, dan Mitigasi Bencana

Kamis, 08 Juni 2023 - 18:46 WIB
loading...
Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Teknologi, Solusi, dan Mitigasi Bencana
EDRR Indonesia akan digelar pada 19-21 Oktober 2023. Foto/DOK. Grup Comexposium
A A A
JAKARTA - Indonesia akan menggelar even atau pameran spesial mengenai teknologi,solusi, dan mitigasi bencana yakni Emergency and Disaster Reduction & Rescued Expo (EDRR) Indonesia 2023. Pameran yang akan digelar pada 19-21 Oktober 2023 itu merupakan hasil kolaborasi dari Grup Comexposium, CPIT Shanghai (Council for the Promotion of International Trade, Shanghai) dan Shanghai International Exhibition (Group) Co., Ltd.

Pameran ini diyakini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah rawan bencana. Pasalnya di pameran ini akan dihadirkan berbagai solusi, teknologi, dan mitigasi bencana.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para pameran dan merasakan sendiri peralatan dan layanan terbaru dalam penanganan darurat dan penyelamatan.

Dengan letak geografis Indonesia yang berada dalam Ring of Fire dan Alpide Belt, ancaman yang dihadapi negara ini hanya dapat dikurangi secara efektif oleh pasukan reaksi yang terlatih dan dilengkapi dengan baik. Acara ini bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran yang semakin meningkat terhadap berbagai ancaman terhadap kehidupan dan infrastruktur nasional, yang diperkirakan akan semakin memburuk dengan munculnya perubahan iklim.



Sorotan utama dari EDRR Indonesia meliputi teknologi terkini dengan menjelajahi produk, peralatan, dan solusi teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan respons bencana dan persiapan darurat. Juga, pameran interaktif. Terlibat dengan tampilan langsung dan simulasi yang mereplikasi skenario darurat kehidupan nyata, menawarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan solusi dalam manajemen bencana . Selain itu, pertukaran wawasan dengan para ahli. Pelajari dari para ahli industri dan narasumber melalui diskusi panel, seminar, dan presentasi kunci, yang membagikan keahlian mereka dan mengatasi isu-isu mendesak dalam respons bencana.

"Kami antusias menjadi tuan rumah acara berskala besar pertama yang benar-benar internasional dengan fokus pada semua aspek respons bencana dan mitigasi resiko bencana," kata Andrew Marriott, Managing Director dari Comexposium Singapore. Menurutnya, Indonesia menghadapi berbagai bencana, termasuk kebakaran, banjir, tanah longsor, gempa bumi, gangguan ketertiban umum, kecelakaan industri, polusi, badai, dan keselamatan transportasi.



Tujuan ajang ini untuk mengumpulkan para ahli, profesional, dan pemangku kepentingan untuk membahas dan memamerkan teknologi, peralatan, dan layanan terbaru dalam respons bencana yang efektif dan mitigasi. Keselamatan masyarakat Indonesia harus tetap menjadi prioritas utama.

“EDRR Indonesia mengundang semua pemangku kepentingan yang berinvestasi dalam respons bencana dan persiapan darurat untuk bergabung di Jakarta International Expo dari tanggal 19 hingga 21 Oktober 2023. Mari bersama-sama, bersatu dalam komitmen kita untuk melindungi masyarakat dan membangun masa depan yang Tangguh,” ungjap Mariott.

Dalam kesempatan yang sama, Moh. Barokna Haulah, Deputi Bina Tenaga & Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan BASARNAS mengatakan, acara ini penting untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana. "Melalui event ini, kita akan dapat melihat kemajuan teknologi dalam tanggap darurat dan memberikan kesempatan kepada industri lokal untuk menampilkan produk-produknya di pameran," tegasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2767 seconds (0.1#10.140)