Hiu Putih Tidak Tertarik Makan Manusia, Alasan Suka Menyerang Belum Diketahui

Senin, 12 Juni 2023 - 16:04 WIB
loading...
Hiu Putih Tidak Tertarik Makan Manusia, Alasan Suka Menyerang Belum Diketahui
Hiu putih besar ternyata tidak tertarik untuk memakan manusia dan cenderung takut terhadap manusia. Foto/The Scientist/Danah Divers/Live Science
A A A
CALIFORNIA - Hiu putih besar ternyata tidak tertarik untuk memakan manusia dan cenderung takut terhadap manusia. Namun, para ilmuwan masih belum menemukan jawaban pasti apa yang mendorong ikan hiu putih besar terkadang menyerang manusia .

Chris Lowe, seorang ahli biologi kelautan di California State University, Long Beach, melakukan penelitian selama dua tahun di beberapa pantai di California selatan. Dia melihat manusia dan hiu putih besar berenang di perairan yang sama hampir setiap hari, namun jarang terjadi aksi penyerangan.

Untuk mengamati secara detail, para peneliti menerbangkan drone di atas pantai di California selatan setiap bulan selama dua tahun. Mereka mencatat lokasi paling banyak terjadi interaksi antara manusia dan hiu putih besar (Carcharodon carcharias).



Sebagian besar hiu putih besar ditemukan berada di dua lokasi, yaitu Carpinteria, sebelah selatan Santa Barbara dan Del Mar, di utara San Diego. Di sepanjang pantai tersebut, tim peneliti melihat interaksi manusia-hiu sangat erat sekitar 97% setiap hari.

Namun selama penelitian, hanya ada satu laporan tidak resmi tentang gigitan hiu putih di sepanjang pantai ini. Beberapa bulan kemudian, ada satu catatan tambahan gigitan hiu. Menurut File Serangan Hiu Internasional Universitas Florida, pada tahun 2022 ada 41 gigitan yang tidak beralasan dan satu kematian dilaporkan di AS.

"Selama bertahun-tahun, kami telah mengatakan bahwa hiu tidak berbahaya bagi manusia seperti yang selama ini diyakini. Apa yang ditunjukkan oleh penelitian ini, untuk pertama kalinya, menunjukkan kebenaran itu," kata Lowe yang memuat hasil penelitiannya di jurnal PLOS ONE pada 2 Juni 2023.
Hiu Putih Tidak Tertarik Makan Manusia, Alasan Suka Menyerang Belum Diketahui


Lowe mengatakan, hiu putih muda lebih fokus memakan hewan, seperti ikan pari, yang hidup di dasar laut. Meskipun hiu muda bisa tumbuh hingga sekitar 2,7 meter sebelum mencapai usia dewasa, mereka takut bertemu manusia.



Para peneliti masih mencoba untuk memahami mengapa hiu putih remaja berkumpul di sekitar Carpinteria dan Del Mar. Salah satu alasannya mungkin karena banyaknya sumber makanan.

Hiu putih dewasa, yang panjangnya bisa mencapai 6 meter, cenderung hidup lebih dekat ke pulau-pulau lepas pantai dan lebih jauh ke utara. Di sana mereka dapat menemukan lebih banyak anjing laut dan singa laut untuk dimakan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)