Ilmuwan Temukan Cara Membuat Embrio Manusia Tanpa Sperma

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:37 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Cara Membuat Embrio Manusia Tanpa Sperma
Ilustrasi sperma. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah ilmuwan berhasil membuat embrio manusia tanpa telur atau sperma. Temuan ini disebut-sebut sebagai terobosan ilmiah, namun menimbulkan permasalahan serius.

Embrio manusia itu diproduksi di dalam proyek bersama antara Universitas Cambridge dan Institut Teknologi California, dan masih dalam tahap pengembangan secara terus menerus.

Meski demikian, penelitian itu masih cacat, karena embrio manusia yang berhasil diciptakan tidak memiliki otak dan jantung yang bisa berdetak. Baru membentuk kantung plasenta dan kuning telur.


Profesor Magdalena Zernicka-goetz dari University of Cambridge mengatakan, penelitian ini sangat berguna untuk penelitian tentang gangguan genetik langka dan penyebab biologis keguguran.

"Tetapi embrio sintetis tidak ditanggung oleh hukum di Inggris atau sebagian besar negara di seluruh dunia. Hal ini berarti masalah bagi etika dan hukum serius," katanya, dikutip dari The Daily Mail, Kamis (15/6/2023).


Atas masalah itu, tim peneliti harus mematuhi aturan 14 hari, yang berarti mereka terbatas untuk memungkinkan embrio berkembang di laboratorium, selama maksimal dua minggu.

Setelah titik ini, para peneliti harus menunggu sampai lebih jauh di sepanjang perkembangannya untuk mengambil studi mereka, mengandalkan pemindaian kehamilan dan embrio yang disumbangkan untuk penelitian.

"Kita dapat membuat model seperti embrio manusia dengan pemrograman ulang sel batang embrionik," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)