Begadang Jangan Begadang, Kalau Tidak Mau Mati Muda

Senin, 19 Juni 2023 - 08:01 WIB
loading...
Begadang Jangan Begadang, Kalau Tidak Mau Mati Muda
Kronotipe malam yang suka begadang cenderung mati muda karena merokok dan minum alkohol. Foto: dok Wired
A A A
JAKARTA - Hasil penelitian terbaru mengungkap orang yang suka begadang memiliki risiko lebih tinggi untuk mati muda. Apa sebabnya?

Begadang, jangan begadang
Kalau tiada artinya

Lagu Rhoma Irama dan Soneta itu seolah menegaskan bahwa begadang memiliki dampak buruk.

Ini dibuktikan lewat penelitian terbaru yang dilakukan pada 22.976 orang kembar berusia dewasa di Finlandia selama 37 tahun terakhir.

Dalam penelitian itu diketahui meski kembar banyak dari peserta penelitian memiliki karakter yang berbeda. Termasuk salah satunya karakter orang yang suka begadang atau yang dikenal sebagai kronotipe. Diketahui saat ini ada dua jenis kronotipe yakni tipe pagi dan tipe malam.

Morning person adalah tipe kronotipe yang cenderung beraktivitas lebih awal di pagi hari, sementara night owl atau "kalong" memaksimalkan aktivitas di malam hari dengan begadang.

Dalam beberapa penelitian sebelumnya disebutkan bahwa kronotipe malam cenderung berumur pendek. Hanya saja penelitian yang dilakukan di Finlandia itu justru menemukan jawaban lain.

Menurut penelitian itu kronotipe bukan jadi faktor utama para kronotipe malam yang mati muda. Hal itu diamini oleh Chris Hublin, peneliti dari Finnish Institute of Occupational Health.

Dia mengatakan sama sekali tidak ada pengaruh besar kronotipe terhadap kematian. Apalagi usia pendek dari orang-orang kronotipe malam.

"Sebaliknya peningkatan risiko kematian disebabkan oleh konsumsi tembakau dan alkohol yang lebih besar. Sangat jauh dibandingkan orang-orang kronotipe pagi," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2858 seconds (0.1#10.140)