Panas Banget! Suhu Udara di Pakistan Sentuh 50 Derajat Celcius

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:50 WIB
loading...
Panas Banget! Suhu Udara di Pakistan Sentuh 50 Derajat Celcius
Suhu panas di Pakistan mencapai 50 Derajat Celcius. FOTO/ DAILY
A A A
ISLAMABAD - Pakistan saat ini mengalami gelombang panas dengan suhu yang diperkirakan akan meningkat hingga 50 derajat Celcius di wilayah berpenduduk paling banyak di negara itu.



"Suhu diperkirakan akan naik setinggi 50 derajat di Punjab Selatan dan beberapa bagian Sindh," kata kepala ahli metro Sardar Sarfraz pada hari Selasa (21/6/2023) kepada Kantor Berita Jerman (dpa).
.
Departemen Metrologi Pakistan mengeluarkan peringatan bahwa suhu harian cenderung tetap empat hingga enam derajat di atas normal di Punjab dan sebagian Sindh.

"Orang-orang disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung," kata departemen itu.

Suhu di wilayah utara, yang memiliki lebih dari 7.000 gletser, diperkirakan dua hingga empat derajat lebih tinggi dari biasanya.

Panas terik akan berlanjut dari Selasa hingga Sabtu.

Hujan pra-monsun diperkirakan terjadi pada akhir minggu ini, kata Sarfraz, tetapi Pakisan memperkirakan hujan monsun tahun ini berbeda dari tahun lalu.

Tahun lalu, lebih dari 1.700 orang tewas dan lebih dari 33 juta orang terkena dampak banjir besar akibat musim hujan yang tidak menentu.

Pekan lalu, puluhan ribu orang di Pakistan dan India mengungsi akibat topan Biparjoy.

Negara tetangganya, India, juga dilanda gelombang panas terik yang menyebabkan banyak korban jiwa dalam beberapa hari terakhir.

Pakistan hanya mengeluarkan kurang dari satu persen karbon global, namun termasuk di antara 10 negara teratas yang paling rentan terhadap perubahan iklim.

Banjir bandang, erosi tanah, hujan lebat, kekeringan dan kabut asap yang menyebabkan kualitas udara yang buruk, telah meningkat di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)