7 Hewan dengan Gigitan Terkuat, Nomor 6 untuk Melindungi Diri

Sabtu, 16 April 2022 - 15:54 WIB
loading...
7 Hewan dengan Gigitan Terkuat, Nomor 6 untuk Melindungi Diri
Beberapa hewan dikenal punya gigitan yang kuat karena memiliki otot dan tulang rahang yang besar. Foto/worldatlas
A A A
JAKARTA - Beberapa hewan dikenal punya gigitan yang kuat karena memiliki otot dan tulang rahang yang besar. Bahkan gigitan mereka semakin kuat karena punya sejumlah gigi dan taring yang sangat tajam.

Gigitan hiu putih besar (Carcharodon carcharias) diperkirakan kekuatan gigitannya hampir 4.000 pon per inci persegi (psi). Namun itu dihitung dengan model komputer berdasarkan ukuran tengkorak dari gambar sinar-X yang dihasilkan oleh pemindai computerized tomography (CT).

Karena belum pernah dihitung secara resmi, maka hiu putih besar tidak masuk dalam hewan dengan gigitan terkuat. Sedangkan kekuatan rata-rata gigitan manusia adalah sekitar 162 psi. Berikut daftar hewan dengan gigitan terkuat dirangkum dari laman sciencefocus, Minggu (16/4/2022).

1. Hyena, (1.100 psi)
7 Hewan dengan Gigitan Terkuat, Nomor 6 untuk Melindungi Diri


Kekuatan gigitan Hyena digunakan untuk menggiling tulang untuk mendapatkan sumsum yang lezatHyena memiliki gigi premolar berbentuk kerucut, gigi khusus untuk mematahkan dan menghancurkan tulang.

Bersama dengan rahang mereka yang kuat dan geraham yang lebar, mamalia karnivora yang seperti anjing ini memastikan tidak ada bagian dari bangkai yang terbuang sia-sia. Berkat asam klorida yang sangat terkonsentrasi di perut mereka, mereka bahkan dapat mencerna tulang.



2. Beruang Grizzly, (1.160 psi)
7 Hewan dengan Gigitan Terkuat, Nomor 6 untuk Melindungi Diri


Kekuatan gigitan beruang grizzly digunakan untuk mencabik daging hewan, mematahkan tulang mangsa besar. Selain ukurannya yang besar dan cakarnya yang tajam, beruang grizzly memiliki gigitan yang cukup kuat untuk menghancurkan bola bowling atau tengkorak manusia, tanpa bergeming.



3. Gorila (1.300 psi)
7 Hewan dengan Gigitan Terkuat, Nomor 6 untuk Melindungi Diri


Meskipun gigitannya kuat, gorila sebagian besar vegetarian. Kekuatan gigitan gorila digunakan untuk mengunyah dahan yang keras dan merobek kulit pohon.

Mereka menggunakan rahangnya yang kuat untuk mengupas kulit kayu, pertama dari pohonnya. Kemudian untuk pohon seperti Milicia, untuk memisahkan kulit luar (yang dibuang) dari kulit kayu bagian dalam yang manis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3115 seconds (0.1#10.140)