Kosmonot Rusia Buang Peralatan Tua di ISS ke Luar Angkasa

Sabtu, 24 Juni 2023 - 17:04 WIB
Kosmonot Rusia Buang Peralatan Tua di ISS ke Luar Angkasa
Dua kosmonot Rusia menghabiskan enam jam dalam misi spacewalk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/NASA TV/Space
MOSKOW - Dua kosmonot Rusia menghabiskan enam jam dalam misi spacewalk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) . Selama bertugas di luar ISS mereka berhasil melepas dan membuang tiga perangkat eksperimen sains yang sudah using.

Kedua kosmonot Rusia, yaitu Komandan Ekspedisi 69 Sergey Prokopyev dan insinyur penerbangan Dmitry Petelin, membersihkan bagian luar laboratorium. Selain membuang perangkat usang, mereka juga memasang tiang penopang baru untuk peralatan telemetri berkecepatan tinggi.

Termasuk perangkat pengambilan eksperimen tumbukan mikrometeoroid yang telah dipasang di luar stasiun luar angkasa selama beberapa tahun. Prokopyev dan Petelin juga melakukan pekerjaan cepat untuk menata ulang kabel dan memutuskan unit relai data dan pemancar telemetri.

Kedua kosmonot dari perusahaan luar angkasa federal Rusia Roscosmos memasang perangkat keras untuk menyelesaikan eksperimen yang mengukur aktivitas seismik di Bumi. Kemudian, membuang peralatan yang sudah tua agar terbakar di atmosfer Bumi.

“Lambaikan tangan. Beristirahat dalam damai,” ucap Mission Control Moscow, saat Prokopyev bersiap untuk melemparkan salah satu benda ke luar angkasa dikutip SINDOnews dari laman Space, Sabtu (24/6/2023).

Eksperimen, yang disebut Seismoprognoz, dipasang di luar modul layanan Zvezda selama Ekspedisi 38 spacewalk pada 27 Desember 2013, hampir 10 tahun lalu. Seperti unit komunikasi, Seismoprognoz terlempar dari belakang stasiun ruang angkasa.

Tiang penopang atau monoblok yang menahan peralatan di Zvezda juga dibuang untuk diganti perangkat keras baru. Termasuk blok mono untuk unit data berkecepatan tinggi baru yang dipasang oleh Prokopyev dan Petelin di modul.

Kedua spacewalker juga memotret kondisi deflektor bulu-bulu di ujung belakang modul layanan Zvezda untuk analisis selanjutnya oleh para insinyur Rusia di lapangan. Deflektor melindungi stasiun dari semburan mesin modul.