Virgin Galactic Sukses Terbang Perdana, 800 Penumpang Antre Membayar Rp6,7 Miliar

Jum'at, 30 Juni 2023 - 07:56 WIB
loading...
Virgin Galactic Sukses Terbang Perdana, 800 Penumpang Antre Membayar Rp6,7 Miliar
Virgin Galactic meluncurkan penerbangan komersial penuh pertamanya dari pesawat ruang angkasa VSS Unity, Kamis (29/6) waktu setempat. Foto: dok Virgin Galactic
A A A
NEW MEXICO - Perusahaan pariwisata luar angkasa Virgin Galactic sukses menyelesaikan misi penerbangan luar angkasa komersial pertama Galactic 01 di New Mexico, Kamis (waktu setempat). Ini akan memicu tren wisata luar angkasa mengingat sudah 800 orang yang mengantre untuk bisa terbang ke tepi luar angkasa.

Pesawat Galactic 01 lepas landas dari Spaceport America di New Mexico. Ada 4 penumpang, yakni seorang pelatih Virgin Galactic untuk mengawasi misi dari dalam kabin, serta 3 pelanggan pertama yang membayar. Ketiganya adalah anggota Angkatan Udara Italia.

Lakukan 13 Eksperimen
Virgin Galactic Sukses Terbang Perdana, 800 Penumpang Antre Membayar Rp6,7 Miliar

Dalam penerbangan perdana itu, Virgin Galactic juga melakukan 13 eksperimen. Eksperimen ini penting mengingat Virgin Galactic menargetkan untuk bisa terbang sesering mungkin. Karena itu, setiap parameter di penerbangan perdana ini diukur.

Eksperimen yang dilakukan, seperti mengukur radiasi kosmik di mesosfer, yakni ketinggian antara 50 km-80 km di atas Bumi.

Lainnya, melibatkan dinamika termo-fluida. Misalnya apakah cairan tertentu berubah menjadi gas pada ketinggian tertentu. Mereka juga bereksperimen terhadap material busa apa yang terbaik di kondisi mikro gravitasi.

Terakhir, juga eksperimen terkait vital manusia. Termasuk mempelajari bagaimana setiap perubahan sel yang melapisi pembuluh darah, MRI jantung, serta ritme sirkadian, terpengaruh oleh kondisi mikro gravitasi.

800 Penumpang Sudah Antre
Virgin Galactic Sukses Terbang Perdana, 800 Penumpang Antre Membayar Rp6,7 Miliar

Virgin Galactic sudah didirikan oleh Sir Richard Branson pada 2004. Butuh waktu lama sekali baginya untuk bisa mewujudkan mimpi wisata luar angkasa. Bahkan, dalam perjalanannya, layanan komersial Virgin Galactic sudah tertunda dan mundur bertahun-tahun.

Karena itu, sukses misi Galactic 01 adalah pencapaian besar bagi mereka. Bahkan, perusahaan berencana untuk menerbangkan misi kedua paling cepat Agustus dan kemudian mulai menerbangkan pesawat ruang angkasa VSS Unity setidaknya sebulan sekali.

Saat ini, Virgin Galactic sedang mencari dana untuk mendanai pengembangan pesawat ruang angkasa kelas Delta. Tujuannya untuk membangun armada pesawat yang dapat terbang setidaknya seminggu sekali.

Minat terhadap wisata luar angkasa ini ternyata sangat tinggi. Terutama, bagi orang-orang kaya yang menyukai tantangan. Buktinya, Virgin Galactic saat ini sudah memiliki antrean sebanyak 800 orang.

Padahal, tiket yang dijual sama sekali tidak murah. 10 tahun lalu, Virgin Galactic sudah mulai menjual tiket dengan harga USD200.000 dan USD250.000 (Rp3 miliar-Rp3,7 miliar). Dua tahun lalu, tiket dibuka kembali dengan harga mulai Rp450.000 (Rp6,7 miliar) per kursi.



Seluruh perjalanan pesawat yang mencapai ketinggian hingga 80 kilometer di atas permukaan laut itu butuh waktu sekitar 1,5 jam.
VSSUnity, pesawat suborbital yang ditenagai roket, menempel ke pesawat induk yang disebut VMS Eve.

VMS Eve terbang sama seperti pesawat komersial biasa. Nah, setelah mencapai ketinggian lebih dari 40.000 kaki, VSS Unity lantas menembakkan mesin roketnya hingga ketinggian 80 km dari bumi.

Ketinggian tersebut dianggap sebagai tepi luar angkasa. Awak pesawat juga mendapatkan sensasi beberapa menit di nol gravitasi. Selanjutnya, pesawat turun dan mendarat normaldiNewMexico.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)