Perbandingan Hiu Megalodon Vs Paus Biru, Ukuran hingga Kemampuan Pertahanan Diri

Rabu, 05 Juli 2023 - 13:35 WIB
loading...
Perbandingan Hiu Megalodon Vs Paus Biru, Ukuran hingga Kemampuan Pertahanan Diri
Membandingkan hiu megalodon vs paus biru menarik untuk diketahui mengingat kedua hewan ini predator dengan ukuran tubuh besar. Foto/A-Z Animals
A A A
JAKARTA - Membandingkan hiu megalodon vs paus biru menarik untuk diketahui mengingat kedua hewan ini predator dengan ukuran tubuh besar. Selain itu, kedua ikan predator ini juga punya kemampuan mempertahankan diri yang kuat.

Megalodon adalah spesies hiu terbesar sepanjang sejarah yang diperkirakan telah punah sejak 3 juta tahun lalu. Sementara paus biru dikenal sebagai mamalia terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Penasaran dengan perbandingan hiu megalodon vs paus biru yang merupakan dua raksasa prasejarah? Simak ulasan berikut yang dilansir dari AZ Animals.



Perbandingan Hiu Megalodon vs Paus Biru

1. Ukuran Hiu Megalodon vs Paus Biru

Paus biru terbesar yang pernah ditemukan manusia berbobot lebih dari 200 ton, sedangkan rata-rata berat dari paus ini adalah 100 ton. Untuk panjangnya, mamalia terbesar ini berukuran sekitar 30,4 meter atau 100 kaki.

Dari ukuran tersebut membuat paus biru jauh lebih besar ketimbang megalodon yang diperkirakan hanya punya berat 50 ton dengan panjang 20,4 meter. Meskipun begitu, megalodon tetap menjadi spesies hiu terbesar yang pernah ditemukan, karena hiu paus yang sampai saat ini merupakan spesies hiu terbesar saja hanya punya panjang sekitar 12 meter.

2. Kecepatan Hiu Megalodon vs Paus Biru

Peneliti memperkirakan kecepatan megalodon dengan melihat bagaimana seekor hiu karnivora bergerak. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa seekor megalodon mampu menempuh kecepatan 18 km/jam di dalam air.

Kecepatan itu mengungguli paus biru yang rata-rata memiliki kecepatan 8 km/jam di dalam air. Namun bila mamalia ini menemui potensi ancaman, mereka diperkirakan akan bergerak lebih cepat hingga mencapai 32 km/jam.

3. Kekuatan Gigitan Hiu Megalodon vs Paus Biru

Sebagai omnivora yang hanya mengkonsumsi plankton atau ikan kecil dengan cara ditelan langsung, paus biru tidaklah kekuatan gigi layaknya seekor predator. Sebaliknya, megalodon justru terkenal sebagai hewan yang punya kekuatan gigitan luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)