Ahli Sebut Tingkat Kecerdasan Otak Manusia Semakin Menurun

Rabu, 05 Juli 2023 - 20:18 WIB
loading...
Ahli Sebut Tingkat Kecerdasan Otak Manusia Semakin Menurun
Profesor Michael Crawford, mengatakan bahwa penurunan IQ berisiko menciptakan situasi berbahaya yang dapat membawa bencana bagi umat manusia. FOTO/ CNET
A A A
LONDON - Seorang ahli di Inggris telah memperingatkan bahwa tingkat kecerdasan otak manusia (IQ) telah menurun selama 50 tahun terakhir.



Seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (5/7/2023), tak hanya itu ukuran otak juga menyusut akibat diet nutrisi yang tidak seimbang.

Direktur Institut Kimia Otak dan Nutrisi Manusia Inggris, Profesor Michael Crawford, mengatakan bahwa penurunan IQ berisiko menciptakan situasi berbahaya yang dapat membawa bencana bagi umat manusia.

Menurutnya, situasi tersebut sebagian besar disebabkan oleh kegagalan manusia untuk mengonsumsi minyak ikan dalam jumlah yang cukup.

“IQ manusia menurun sejak tahun 1970 dan itu tidak lucu karena jika terus berlanjut, berisiko membawa malapetaka besar,''

“Penyebab situasi ini adalah pentingnya nutrisi yang kurang diperhatikan,” ujarnya dalam webinar baru-baru ini yang diselenggarakan oleh Food for the Brain Foundation di Inggris.

Crawford menambahkan, tidak ada pemerintah yang memiliki saran yang matang mengenai otak manusia karena berkaitan dengan pertumbuhan tubuh manusia.

Menurutnya, rata-rata ukuran otak manusia modern kini sekitar 17 persen lebih kecil dari organ tubuh pada zaman nenek moyang kita.

"Bukan hanya IQ yang berkurang, sebenarnya ada bukti yang sangat bagus tentang ukuran otak yang menyusut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)