5 Perbedaan Gajah dan Mammoth, Nomor Terakhir Jarang Diketahui

Jum'at, 07 Juli 2023 - 14:52 WIB
loading...
5 Perbedaan Gajah dan Mammoth, Nomor Terakhir Jarang Diketahui
Gajah dan mammoth adalah makhluk yang sangat mirip, namun memiliki perbedaan yang mencolok, terutama kemampuan mammoth beradaptasi dengan lingkungan yang lebih dingin. Foto/a-z-animals
A A A
JAKARTA - Gajah dan mammoth adalah makhluk yang sangat mirip, namun memiliki perbedaan yang mencolok, terutama kemampuan mammoth beradaptasi dengan lingkungan yang lebih dingin. Kebanyakan orang mengira gajah adalah keturunan mammoth, padahal sebenarnya mereka adalah saudara sepupu bukan keturunan langsung.

Gajah dan mammoth adalah hewan yang berkerabat dekat, termasuk dalam ordo yang sama: Elephantidae, yang merupakan bagian dari kelompok yang lebih besar yang disebut Proboscidea. Dari ketiga famili dalam ordo ini, Gajah Asia, Gajah Afrika, dan Mammoth, hanya keluarga gajah yang masih hidup sampai sekarang.

Dikutip dari laman a-z-animals, Jumat (7/7/2023), gajah dan mammoth keduanya adalah herbivora yang lembut dengan sejarah interaksi manusia yang panjang. Lantas, apa saja perbedaan yang memisahkan gajah vs mammoth?



5 Perbedaan Utama Antara Mammoth dan Gajah

1. Mammoth Punah

Perbedaan utama antara spesies ini adalah mammoth punah sekitar 4.000 tahun akibat perubahan iklim yang cepat dan perburuan manusia. Mammoth beradaptasi dengan iklim zaman es dan mati karena habitatnya menyusut saat dunia menghangat.

Gajah masih hidup sampai sekarang, namun saat ini menghadapi risiko kepunahan karena masalah yang sama, yaitu iklim yang menghangat dan terlalu banyak konflik dengan manusia. Mulai dari perburuan sampai hilangnya habitat tempat gajah dapat bertahan hidup.



2. Mammoth Punya Gading Lebih Besar

5 Perbedaan Gajah dan Mammoth, Nomor Terakhir Jarang Diketahui

Mammoth lebih berat dari gajah, dengan gading lebih panjang. Gading mammoth lebih melengkung dan bengkok daripada gading gajah dan bisa tumbuh hingga 16 kaki (4,8 meter). Sebagai perbandingan, gading gajah terpanjang adalah 11 kaki dan 7 inci (3,5 meter).

Variasi penting lainnya hanya ada pada gajah Asia, gajah betina tidak memiliki gading sama sekali. Mammoth jantan dan betina memiliki gading seperti gajah Afrika untuk pertahanan, meskipun pada jantan digunakan dalam pertarungan menjaga dominasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2385 seconds (0.1#10.140)