Lakukan Praktik Inses, Ini Penderitaan yang Dialami Firaun Tutankhamun

Senin, 10 Juli 2023 - 19:20 WIB
loading...
Lakukan Praktik Inses, Ini Penderitaan yang Dialami Firaun Tutankhamun
Wajah Asli Firaun Tutankhamun berhasil diungkap sekelompok ilmuwan dari 3 negara. FOTO/ DOK NYT
A A A
KAIRO - Penemuan makam Raja Tutankhamun ditemukan di Lembah Para Raja di tepi barat Sungai Nil di seberang Thebes (Luxor modern), Mesir, pada 4 November 1922. Misteri tentang kehidupan Raja Tutankhamun dibayangi desas-desus sensasional.



Berbeda dengan Tutankhamun yang dikenal seluruh dunia setelah penemuan muminya. Nama Ankhesenamun memang tak seterkenal sang Firaun lantaran sejak meninggal, sang ratu seakan menghilang dari catatan sejarah.

Dikutip dari Egytianistic, Ankhesenamun merupakan putri ketiga dari Akhenaten. Ia merupakan saudara tiri dari Tutankhamun yang berbeda ibu dan menikah di usia muda.

Tutankhamun menikahi Ankhesenamun saat dirinya berusia 8 hingga 10 tahun, sementara Ankhesenamun saat itu berusia 13 tahun.

Keduanya terpaksa dinikahkan lantaran Tutankhamun harus menggantikan takhta sang ayah yang meninggal saat dirinya masih muda.

Untuk menjaga-jaga dari serangan para musuh kerajaan, Tutankhamun di usia muda pun dinikahkan dengan Ankhesenamun dengan alasan untuk mempertahankan keturunan yang masih berdarah bangsawan.

Selain itu, sama seperti aturan di kerajaan lainnya bahwa seorang raja harus memiliki pasangan meskipun dirinya masih belum masuk di usia pernikahan.

Praktik inses di Mesir kuno bukanlah hal yang mencengangkan. Pasalnya orang tua Tutankhamun sendiri merupakan kakak beradik yang dinikahkan.

Namun, sayanya pernikahan Tutankhamun dan Ankhesenamun tidak menghasilkan keturunan. Pasalnya Tutankhamun meninggal di usianya yang ke 18 atau 19 tahun di mana diduga bahwa Tutankhamun belum memasuki usia produktif untuk memiliki seorang anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)