Kapal Induk Rusia Laksamana Kuznetsov, Spesifikasi Mengesankan Tapi Terkendala Korosi

Selasa, 11 Juli 2023 - 20:31 WIB
loading...
Kapal Induk Rusia Laksamana Kuznetsov, Spesifikasi Mengesankan Tapi Terkendala Korosi
Satu-satunya kapal induk Rusia Laksamana (Admiral) Kuznetsov punya spesifikasi mengesankan, baik ukuran dan persenjataan. Foto/BulgarianMilitary/wikipedia
A A A
MOSKOW - Satu-satunya kapal induk Rusia Laksamana (Admiral) Kuznetsov punya spesifikasi mengesankan, baik ukuran dan persenjataan. Namun, kapal induk yang dibuat tahun 1985 ini banyak mengalami kendala teknis dan digerogoti korosi (karat).

Keruntuhan Uni Soviet di awal tahun 90-an menjadikan Laksamana Kuznetsov sebagai satu-satunya kapal induk yang menjadi tulang punggung angkatan laut Rusia. Satu kapal induk lainnya, Varyag telah dijual ke China.

Sayang, pada tahun 2018 Laksamana Kuznetsov masuk dry-dock akibat masalah teknis dan korosi. Proses perbaikan tidak berjalan mulus karena terjadi kecelakaan, termasuk kebakaran ruang mesin tahun 2019, yang memerlukan waktu tambahan untuk perbaikan.



Laporan Pravda.com baru-baru ini kapal induk itu belum siap dipindahkan dari dry-dock karena korosi yang substansial, terutama di bawah geladak ketiga. Air keruh yang mengisi palka semakin menghambat inspeksi internal yang terperinci. “Kondisi ini berisiko membuat tenggelam atau terbalik,” tulis laporan Pravda dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Selasa (11/7/2023).

Terlepas dari rintangan ini, Rusia berharap dapat mengerahkan Laksamana Kuznetsov selama 15 tahun lagi pascaperbaikan. Namun, mengingat keadaan saat ini, rencana ini tampaknya masih jauh dari pasti.

Spesifikasi Kapal Induk Admiral Kuznetsov

Admiral Kuznetsov adalah kapal induk Rusia yang ditugaskan pada tahun 1990. Ini adalah satu-satunya kapal induk di Angkatan Laut Rusia dan dinamai Laksamana Nikolai Gerasimovich Kuznetsov, yang merupakan komandan angkatan laut Soviet terkemuka selama Perang Dunia II.

Kapal induk memiliki perpindahan beban 58.500 ton dan panjang 305 meter. Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 29 knot dan jangkauan 8.500 mil laut pada 18 knot. Kapal tersebut memiliki awak sekitar 1.960 personel, termasuk 626 perwira.



Laksamana Kuznetsov dilengkapi dengan ski-jump ramp untuk lepas landas pesawat dan peralatan penangkap untuk pendaratan pesawat. Kapal ini dapat membawa hingga 41 pesawat, termasuk jet tempur Su-33 dan MiG-29K, serta helikopter Ka-27 dan Ka-31 untuk perang anti-kapal selam dan misi pencarian dan penyelamatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)