Tornado Matahari yang Menakjubkan Diabadikan Astrofotografer Portugal

Rabu, 12 Juli 2023 - 07:48 WIB
loading...
Tornado Matahari yang Menakjubkan Diabadikan Astrofotografer Portugal
Penampakan tornado matahari yang menakjubkan berhasil diabadikan astrofotografer Portugal Miguel Claro. Foto/Space
A A A
LISBON - Penampakan tornado matahari yang menakjubkan berhasil diabadikan astrofotografer Portugal Miguel Claro. Foto yang diambil melalui video 4K terbaru direkam pada 20 April 2023 menampilkan detail permukaan matahari dan tornado yang dilepaskan ke luar angkasa.

Menurut SpaceWeather, tornado matahari jenis ini dikendalikan oleh magnetisme yang disebabkan oleh medan magnet matahari yang berputar dalam spiral yang ganas. Kemudian, menyeret awan plasma ke sekelilingnya dan dilepaskan ke luar angkasa.

Miguel Claro yang dikenal sebagai fotografer profesional, penulis, dan komunikator sains menghasilkan gambar langit malam yang spektakuler. Foto ini diambil dari film surya beresolusi tinggi 4K yang terdiri dari 290 gambar selama sekitar dua jam.



“Saya perhatikan atmosfer matahari menunjukkan aktivitas yang sangat besar pada 20 April, jadi saya menyiapkan teleskop surya dan memulai sesi foto. Setelah sekitar satu jam merekam gambar, saya perhatikan aktivitas matahari semakin meningkat, mungkin sesuatu yang lebih besar akan terjadi,” kata Claro dikutip SINDOnews dari laman Space, Rabu (12/7/2023).

Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA juga mencitrakan animasi pada hari yang sama, menggunakan instrumen LASCO di NASA/European Space Agency Solar and Heliospheric Observatory (SOHO).

Instrumen di atas SOHO juga melihat kemungkinan lontaran massa koronal (CME), yang merupakan aliran partikel bermuatan dari matahari. Terkadang CME ini dapat mencapai medan magnet Bumi dan menyebabkan aurora berwarna-warni.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)