Ilmuwan Deteksi Penularan Virus SARS-CoV-2 dari Rusa ke Manusia

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:58 WIB
loading...
Ilmuwan Deteksi Penularan Virus SARS-CoV-2 dari Rusa ke Manusia
Penularan virus SARS-CoV-2 dari rusa ke manusia terdeteksi. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Sebuah studi baru menemukan penularan SARS-CoV-2 dari rusa ke manusia sebagai hasil dari analisis sampel yang diambil dari hewan tersebut.



Sebuah tim peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) dan Departemen Pertanian, mengumpulkan 8.830 sampel pernapasan dari rusa berekor putih yang hidup bebas dari 26 negara bagian di AS dan Washington antara November 2021 dan April 2022.

Para peneliti mengidentifikasi 282 rusa yang terinfeksi Covid-19 dan 34 garis keturunan virus yang berbeda dalam sampel, termasuk varian Alpha, Gamma dan Delta yang umum terjadi pada awal pandemi dan varian Omicron yang mendominasi kasus baru-baru ini.

Analisis evolusioner menunjukkan bahwa virus rusa berekor putih ini berasal dari setidaknya 109 limpasan independen dari manusia, yang mengakibatkan 39 kasus penularan rusa-ke-rusa lokal berikutnya dan tiga kasus potensi penularan dari rusa berekor putih kembali ke manusia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah 'Nature', beberapa garis keturunan SARS-CoV-2 menjadi enzootik dan beredar bersama di antara rusa berekor putih.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3175 seconds (0.1#10.140)