Penuh Kutukan, Sarkofagus Sakral Ini Tak Ada yang Berani Buka

Senin, 17 Juli 2023 - 17:12 WIB
loading...
Penuh Kutukan, Sarkofagus Sakral Ini Tak Ada yang Berani Buka
Sarkofagus Sakral Ini Tak Ada yang Berani Buka. FOTO/ NG
A A A
KAIRO - Bicara tentang mumi identik dengan kutukan dan misteri, temasuk temuan mumi dalam peti mati (sarkofagus) granit hitam kuno 'terkutuk' yang misterius.



Peti mati besar, yang baru-baru ini digali di kota Alexandria, kini telah dibuka, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Purbakala Mesir.

Lapisan mortar antara tutup dan tubuh menunjukkan bahwa itu belum dibuka sejak ditutup lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Tiga kerangka dan air limbah ditemukan di dalam sarkofagus, Kementerian menjelaskan, dalam sebuah posting di Facebook.

“Pratinjau awal struktur tulang menunjukkan bahwa mereka kemungkinan besar milik tiga perwira atau tentara militer,” katanya, mencatat bahwa salah satu kerangka tampaknya memiliki luka panah.

. The Independent, mengutip laporan lokal, mengatakan bahwa pejabat Mesir telah mengejek saran bahwa membuka sarkofagus akan melepaskan kutukan.

Bahkan ada spekulasi bahwa sarkofagus itu mungkin berisi tubuh Alexander Agung. Raja Makedonia yang terkenal meninggal di Babel pada 323 SM. setelah membangun kerajaan besar yang membentang dari Yunani ke barat laut India.

Ada catatan yang saling bertentangan tentang apa yang terjadi pada jenazah Alexander setelah kematiannya, meskipun beberapa mengindikasikan bahwa dia dimakamkan di kota Mesir yang menyandang namanya, menurut National Geographic.

Makam raja tidak pernah ditemukan. Pejabat Mesir akan memindahkan kerangka sarkofagus ke Museum Alexandria untuk dianalisis. Para ahli ingin mengetahui lebih detail tentang jenazah, seperti penyebab kematiannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3402 seconds (0.1#10.140)