3 Fakta Pegunungan Kaukasus, Tempat yang Diduga Menjadi Tembok Pengurung Yajuj Majuj

Jum'at, 21 Juli 2023 - 19:23 WIB
loading...
3 Fakta Pegunungan Kaukasus, Tempat yang Diduga Menjadi Tembok Pengurung Yajuj Majuj
3 Fakta Pegunungan Kaukasus. FOTO/ LIVE SCIENSE
A A A
MOSCOW - Terdapat sejumlah fakta pegunungan Kaukasus yang menarik untuk diketahui. Pada riwayatnya, tak jarang wilayah ini diduga sebagai tempat mengurung bangsa barbar Yajuj Majuj.



Sekadar informasi, Yajuj majuj dikenal sebagai sebuah bangsa barbar yang banyak melakukan kerusakan dan teror di bumi. Atas tindakannya ini, pada akhirnya mereka dikisahkan telah dikurung di tembok yang tinggi dan kokoh.

Seiring waktu, cukup banyak orang yang menerka lokasi dari tembok untuk mengurung Yajuj Majuj itu. Dari sekian pendapat, salah satu di antaranya merujuk pada pegunungan Kaukasus. Benarkah demikian?

Fakta Pegunungan Kaukasus

1. Apa itu Pegunungan Kaukasus?


Pegunungan Kaukasus merupakan rangkaian pegunungan yang berada di persimpangan Asia dan Eropa. Adapun letaknya sendiri membentang di antara Laut Hitam dan Kaspia.

Secara geologis, kawasan ini masuk dalam sistem Alpide yang membentang dari tenggara Eropa hingga Asia serta dianggap sebagai perbatasan antara dua benua. Lebih lanjut, pegunungan Kaukasus memiliki puncak tertinggi di Gunung Elbrus dengan ketinggian mencapai 18.510 kaki.

Mengutip Russia Beyond, pegunungan Kaukasus juga dikenal sebagai kawasan multietnis. Tak hanya dalam kepercayaan, namun juga termasuk bahasa hingga tradisi masyarakat sekitarnya.

Hal ini cukup masuk akal mengingat letaknya yang berada di persimpangan Benua Asia dan Eropa. Meski demikian, orang-orang Kaukasus tetap bisa hidup berdampingan bersama perbedaan yang beragam tersebut.

2. Sejarah Nama Kaukasus


Pada riwayat namanya, ‘Kaukasus’ disebut sebagai bentuk Latin dari ‘Kaukasos’. Mengutip Britannica, kata ini digunakan oleh ahli geografi dan sejarawan Yunani kuno.

Dalam mitologi Yunan, pegunungan Kaukasos dianggap sebagai tempat hukuman bagi Prometheus. Alkisah, dulunya dia kesal terhadap Dewa Zeus karena terus-terusan membiarkan penderitaan manusia.

Pada akhirnya, dia mengambil api abadi milik Zeus dan membagikannya kepada manusia. Namun, atas perbuatannya ini Prometheus diberi hukuman dan dirantai pada sebuah pilar di pegunungan Kaukasus.

3. Dikaitkan dengan Tembok Yajuj Majuj


Salah satu hal menarik dari pegunungan Kaukasus adalah bentuknya yang mirip tembok besar dan kokoh. Dengan ketinggian lebih dari lima ribu kaki, kawasan ini membentang antara Laut Hitam dan Laut Kaspia.

Kemudian, keunikan lain yang dimiliki pegunungan ini adalah secara historis hanya mempunyai satu jalur masuk alami, yaitu lembah sempit dengan dinding yang sangat tinggi di kedua sisinya. Tak jarang, dengan bentuknya ini banyak orang menduganya sebagai tembok yang mengurung Yajuj Majuj.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)