Berbeda dengan di Mesir, Ratusan Mumi Api Filipina Sulit untuk Ungkap Asal-usulnya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 16:51 WIB
loading...
Berbeda dengan di Mesir, Ratusan Mumi Api Filipina Sulit untuk Ungkap Asal-usulnya
Ratusan Mumi Api Filipina. FOTO/ REUTERS
A A A
MANILA - Sekelompok arkeolog menemukan gua pemakaman kuno yang dipahat dari batu yang berisi sisa-sisa mumi dan ratusan peti mati dan tengkorak di Filipina.



Dikenal dengan beberapa nama termasuk Mumi Kabayan, Mumi Ibaloi atau Mumi Benguet, “Mumi Api” tetap merupakan suguhan yang sulit dipahami.

Lokasi persisnya tidak dipublikasikan oleh pemerintah karena serangkaian pencurian pada tahun 1900-an, dan mereka hanya dapat ditemukan setelah lima jam naik mobil mendaki gunung ke Desa Kabayan, lalu lima jam mendaki lagi dengan eskalasi yang memusingkan, tangga batu.

Di sana mumi tinggal di Gua Timbac, puncak tertinggi ketiga di Luzon, masih nyaman meringkuk di peti mati aslinya.

Para ilmuwan percaya mereka pertama kali diciptakan oleh suku Ibaloi antara 1200 dan 1500 Masehi. Di masa lalu, suku mumi di sana mati dengan cara diasapi kering, alasan mengapa mereka dibaptis sebagai “Mumi Api”.

Dan sekarang suku asli Ibalois dari Benguet, tetap menjadi penjaga praktik pemakaman yang telah dinyatakan sebagai Harta Budaya Nasional.

Tidak seperti orang Mesir yang sederajat, mayat-mayat itu tidak diberi kain kasa. Sebaliknya, mereka telanjang dan duduk dalam posisi janin, dan beberapa bahkan memiliki tato tradisional yang terlihat di kaki mereka.

Pada dasarnya, ketika seseorang meninggal, sejumlah besar garam dicampur dengan air dan dituangkan ke dalam mulut mayat, sementara yang sekarat diminta untuk meminum campuran asin itu.

Ramuan langka aromatik yang disebut bisodak dicampur dengan minyak lokal dan tanaman organik lainnya, seperti jahe.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)