Penjelasan Tentang Lubang Hitam yang Ada Dalam Al-Qur’an

Sabtu, 29 Juli 2023 - 16:34 WIB
Penjelasan Tentang Lubang Hitam yang Ada Dalam Al-Qur’an
Lubang hitam adalah fenomena alam semesta yang menarik perhatian banyak ilmuwan dan peneliti. Foto/NASA/Space
JAKARTA - Lubang hitam adalah fenomena alam semesta yang menarik perhatian banyak ilmuwan dan peneliti. Wilayah yang ada di luar angkasa ini memiliki gaya gravitasi sangat kuat sehingga tidak benda yang bisa keluar darinya.

Para ilmuwan mengatakan jika cahaya pun tidak bisa melarikan diri dari tarikan lubang hitam. Oleh sebab itu, tidak dimungkinkan untuk mengamati lubang hitam, baik dengan mata telanjang maupun teleskop.

Akan tetapi, manusia juga bisa mengenali karakternya. Lubang hitam bakal berjalan di luar angkasa seperti sapu raksasa yang dapat menyingkirkan dan menyedot semua benda serta energi yang berada di jalurnya.

Jika ada gas-gas tertarik ke dalam lubang hitam, suhu panasnya pun akan meningkat tajam hingga jutaan derajat dan memancarkan sinar X yang sangat besar selama perjalanannya menuju kuburan lubang hitam.

Sementara itu, Al-Qur’an ternyata sudah sejak lama menyebutkan tentang keberadaan lubang hitam. Dalam sebuah buku bernama Sains dalam Al-Quran yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, lubang hitam telah dijelaskan dalam dalam Surah At-Takwir ayat 15-16.

Allah Subahanahu Wa ta’ala berfirman:

فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ

الْجَوَارِ الْكُنَّسِ

Artinya: "Aku bersumpah demi bintang-bintang (al-khunnas), yang beredar dan terbenam (al-kunnas)." (QS At-Takwir Ayat 15-16)