Fenomena Supermoon Sturgeon Bakal Nongol Dua Kali di Agustus 2023, Ini Perkiraan Waktunya

Senin, 31 Juli 2023 - 09:15 WIB
loading...
Fenomena Supermoon Sturgeon Bakal Nongol Dua Kali di Agustus 2023, Ini Perkiraan Waktunya
Supermoon Sturgeon akan jadi fenomena menarik untuk diamati di Agustus 2023. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bulan Agustus ini akan terasa spesial. Terutama, bagi penggemar astronomi. Sebab, fenomena supermoon akan hadir dari kali. Di awal maupun akhir Agustus 2023.

Fenomena Supermoon bakal dimulai pada 1 Agustus 2023. Langit akan menyuguhkan pemandangan menawan berupa bulan yang dinamakan Sturgeon.

Melansir Hindustantimes, Supermoon ini sedikit lebih besar dan lebih terang dari bulan purnama pada umumnya. Adapun nama bulan sturgeon sendiri makna yang berasal dari sejarah di masa lalu.

Dahulu, penduduk asli Amerika, Amerika Kolonial, dan Eropa mengamati bulan purnama. Mereka kemudian menghubungan penamaannya dengan nama-nama tertentu.

Julukan Sturgeon berasal dari ikan sturgeon raksasa yang melimpah di Great Lakes dan Lake Champlain. Mereka sangat banyak ditemui pada bulan-bulan musim panas.


Kapan Waktu Puncak Supermoon Sturgeon?
Fenomena Supermoon Sturgeon Bakal Nongol Dua Kali di Agustus 2023, Ini Perkiraan Waktunya

Puncak dari penampakan supermoon bernama bulan sturgeon ini akan menduduki pukul 14.32 Eastern Times di tanggal 1 Agustus 2023. Bulan bakal tampak sangat penuh dari bercahaya ketika terbit di atas ufuk tenggara usai matahari terbenam.

Supermoon Kedua di Bulan Agustus

Supermoon di tanggal 1 Agustus bukan satu-satunya yang akan menghiasi langit. Pada 30 Agustus 2023, Blue Moon atau bulan biru juga akan tiba.

Supermoon di bulan Agustus ini menjadi fenomena ke tiga dan ke empat. Sebelumnya buck moon di tanggal 3 Juli 2023 sudah terjadi, dan pada 29 September 2023 mendatang bakal hadir Harvest Moon.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)