5 Mitos Aurora Borealis, Roh-Roh di Cahaya Utara!

Senin, 07 Agustus 2023 - 20:14 WIB
loading...
5 Mitos Aurora Borealis, Roh-Roh di Cahaya Utara!
5 Mitos Aurora Borealis. FOTO/ DAILY
A A A
MENLO PARK - Siapa yang tidak mengenal keajaiban alam yang satu ini? Aurora Borealis atau yang biasa dikenal dengan sebutan Northern Lights yaitu Cahaya dari Utara, telah menjadi sumber keajaiban sepanjang sejarah manusia.

BACA JUGA - Fenomena Alam Unik di Dunia

Faktanya adalah fenomena alam yang sering terjadi di Kutub Utara ini disebut Aurora Borealis sedangkan di Kutub Selatan disebut Aurora Australis.

Namun, dalam keindahannya, muncul berbagai cerita mistis atau mitos yang terkait dengan fenomena alam ini. Meskipun sudah adanya penjelasan ilmiah yang mengungkapkan rahasia dibalik Cahaya Utara yang memukau ini, mitos-mitos Aurora Borealis sampai saat ini masih mempertahankan tempat di dalam budaya dan tradisi banyak masyarakat.

Berikut 5 Mitos yang masih mengelilingi Aurora Borealis:

1. Roh Dari Orang yang Baru Mati

Seperti kepercayaan orang Sami, beberapa masyarakat Amerika Utara mengklaim bahwa cahaya - cahaya tersebut merupakan roh yang membawa mereka untuk pergi.

2. Adanya Pertempuran di Langit


Mitos lainnya mengisahkan pertempuran besar antara dewa atau makhluk gaib di langit, dan Aurora Borealis adalah hasil dari percikan dan ledakan energi selama pertempuran sengit ini. Cahaya yang memukau dianggap sebagai refleksi dari peperangan di langit.

3. Sebagai Peringatan Bencana

Pendapat beberapa masyarakat, Aurora Borealis dihubungkan dengan peringatan bencana atau peristiwa penting yang akan terjadi. Mereka melihat cahaya ini sebagai pertanda akan datangnya kejadian yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia di bumi.

4. Dewa dan Dewi


Suku Algonquins juga meyakini fenomena Aurora Borealis sebagai percikan api yang menyala dan pertanda dari Dewa pencipta mereka yaitu Nanabozho, sedangkan suku Chuvash di Siberia meyakini bahwa Aurora Borealis adalah dewa yang membantu wanita untuk melahirkan.

5. Cahaya Firefox di Langit


Orang Finland menyebut cahaya yang muncul di langit tersebut dengan sebutan Revontulet yang artinya ‘Api Rubah”. Nama tersebut berasal dari dongeng zaman dahulu yang menceritakan tentang seorang rubah yang berlari melewati Tundra, tetapi Rubah tersebut bukanlah Rubah biasa melainkan Rubah dengan ekor yang menyala nyala seperti api.

Walaupun penjelasan ilmiah akurat telah mengungkapkan asal muasal Aurora Borealis, tetapi mitos-mitos tersebut tetap berperan penting untuk mempertahankan budaya dan spiritual masyarakat. Serta menjadikan ungkapan bagaimana manusia mencoba memahami hubungan mereka dengan alam yang luas.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)