Ilmuwan Ungkap Spesies Kadal Air yang Pernah Hidup 247 Tahun Lalu

Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:05 WIB
Ilmuwan Ungkap Spesies Kadal Air yang Pernah Hidup 247 Tahun Lalu
Spesies Kadal Air yang Pernah Hidup 247 Tahun Lalu. FOTO/ WION
SIDNEY - lmuwan Australia berhasil mengidentifikasi spesies amfibi baru yang pernah hidup di Australia sekitar 247 juta tahun lalu.

Seperti dilansir dari Wion, Kamis (11/8/2023), penemuan itu mengakhiri misteri yang memesona para peneliti sejak 1990-an, ketika fosil kadal ditemukan oleh seorang pensiunan peternak ayam di New South Wales tiga dekade lalu.

Para ahli mengatakan penemuan itu mungkin 'menyelesaikan revolusi amfibi di Australia'.

Diketahui, fosil kadal itu ditemukan setelah Mihail Mihailidis membeli sebongkah batu untuk menahan dinding erosi di Pantai Umina di Central Coast, selatan Gosford 30 tahun lalu.

Penemuan itu menarik perhatian publik ketika kisahnya dimuat di Majalah Time.

Belakangan, fosil itu dipamerkan di Sydney, menarik pengunjung domestik dan mancanegara untuk melihat fosil berusia ratusan juta tahun itu.

Selama lebih dari 25 tahun, fosil yang disimpan di Museum Australia telah menimbulkan pertanyaan tentang spesies aslinya.

Misteri itu akhirnya diungkap oleh ahli paleontologi, Lachlan Hart yang mendeskripsikan spesies purba tersebut dalam Journal of Vertebrate Paleontology.

Dikenal dengan nama Arenaepeton supinatus yang berarti hewan yang merayap di atas pasir.

Hart dan timnya yang mempelajari fosil tersebut mengungkapkan bahwa ia memiliki taring di kepala dan gigi tajam serta mirip dengan salamander dan katak, selain itu memiliki habitat mirip buaya yang memburu mangsa air di dalam air.

Kadal tersebut diyakini telah punah setelah letusan gunung berapi dan bencana lainnya.