Mengungkap Proyek Thor, Senjata Rahasia Mematikan AS dari Luar Angkasa

Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:44 WIB
loading...
A A A
Tes Praktis dan Pengembangan

Uji coba pada 2018 menunjukkan potensi, tetapi juga menimbulkan pertanyaan tentang kegunaan Tongkat Tuhan sebagai senjata. Para ilmuwan melepaskan batang tungsten seberat 154 kilogram dari Gurun Gobi, mempercepatnya menjadi 10.300 mph yang luar biasa (kira-kira 13 kali kecepatan suara).

Hasilnya, Tongkat Tuhan membuat lubang besar di padang pasir. Data yang dikumpulkan dari tes menunjukkan bahwa senjata hipersonik mungkin tidak mampu menembus tanah lebih dalam daripada amunisi penghancur bunker konvensional.
Sebaliknya, data menunjukkan bahwa penetrasi maksimum akan dicapai hanya dengan 3,5 kali kecepatan suara. Dengan kata lain, mempercepat tongkat ke kecepatan hipersonik (Mach 5+) tidak akan membuat perbedaan yang signifikan terhadap keefektifannya.

Hasil uji coba ini mungkin bukan akhir dari konsep senjata Tongkat Tuhan. Ada kemungkinan bahwa dibandingkan dengan amunisi konvensional, menjatuhkan bongkahan logam besar dari orbit mungkin tetap mahal. Namun, hulu ledak kinetik berbasis tungsten berpotensi diluncurkan dari rudal hipersonik generasi baru.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2651 seconds (0.1#10.140)