Rusia Bikin Kapal Selam Baru P-750B, Bersenjata Drone Tempur Laut Mematikan

Jum'at, 01 September 2023 - 20:45 WIB
loading...
Rusia Bikin Kapal Selam Baru P-750B, Bersenjata Drone Tempur Laut Mematikan
melalui Biro Teknik Kelautan Malakhit (Malakhit Marine Engineering Bureau/MMEB) mengembangkan model kapal selam baru P-750B. Foto/India Todal/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Rusia melalui Biro Teknik Kelautan Malakhit (Malakhit Marine Engineering Bureau/MMEB) mengembangkan model kapal selam baru P-750B. Kapal selam serbu ringan kelas Serval ini dibekali senjata mematikan berupa drone tempur laut.

Dalam forum “Angkatan Darat-2023” MMEB menampilkan model kapal selam yang sudah dimodifikasi dengan penambahan kompartemen kompak, berukuran kira-kira 8 kali 4 meter, di haluannya. Kompartemen ini telah dirancang dengan cermat untuk menampung satu hingga dua kapal selam mini atau drone tempur laut.

“Drone ini dapat digunakan untuk misi pengintaian dan serangan, sehingga semakin meningkatkan kemampuan operasional kapal selam. Mereka (kapal selam) secara khusus dirancang untuk melaksanakan misi pengalihan atau drone angkatan laut,” tulis laman Bulgarian Military, Jumat (1/9/2023).



Spesifikasi Kapal Selam P-750B

Kapal selam P-750B kelas Serval ini ditenagai turbin gas VNEU yang berfungsi sebagai pembangkit listrik inti. Bobot kapal selam kelas Serval sedikit di bawah 1.500 ton, dengan panjang 65 meter.

Kapal selam kecil ini memiliki kemampuan menyelam hingga kedalaman 300 meter, dengan jangkauan yang mencapai hampir 4.500 mil. Dengan otonomi selama 30 hari, Serval menunjukkan daya tahan yang signifikan.
Rusia Bikin Kapal Selam Baru P-750B, Bersenjata Drone Tempur Laut Mematikan


Dengan otomatisasi manajemen tingkat tinggi, kapal selam Serval ini hanya memerlukan 20 awak. Kapal selam ini dibekali tabung torpedo 533 mm dan peluncur buritan. Tabung torpedo memiliki kemampuan untuk meluncurkan torpedo, roket, dan alat pendeteksi ranjau.

Sebaliknya, peluncur buritan dapat menampung hingga empat rudal jelajah atau anti-kapal, sehingga semakin meningkatkan kemampuan ofensif dan defensif kapal selam. Sedangkan di haluan, kapal selam memiliki kompartemen untuk peluncuran drone tempur laut.



Berbagai Drone Laut Rusia

Rusia telah mengembangkan berbagai drone bawah air, termasuk kendaraan bawah air otonom (autonomous underwater vehicles/AUV) dan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (remotely operated vehicles/ROV). Drone ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari penelitian ilmiah hingga operasi militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)