Siap-siap Hujan, Modifikasi Cuaca Berlanjut hingga 9 September 2023

Sabtu, 02 September 2023 - 14:18 WIB
loading...
Siap-siap Hujan, Modifikasi Cuaca Berlanjut hingga 9 September 2023
Modifikasi cuaca di Jabodetabek terus digeber untuk mendatangkan hujan. (Foto: MPI)
A A A
JAKARTA - Modifikasi cuaca di Jabodetabek terus digeber untuk mendatangkan hujan. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memastikan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) akan berlanjut hingga 9 September 2023.

Koordinator Laboratorium Pengelolaan TMC BRIN, Budi Harsoyo mengatakan perpanjangan ini sesuai instruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “BNPB menginstruksikan kegiatan diperpanjang sampai tanggal 9 September,” kata Budi kepada MNC Portal, Sabtu (2/9/2023).

Diketahui, modifikasi cuaca telah dilaksanakan sejak 19 hingga 21 Agustus lalu. Kemudian dilanjutkan lagi tahap kedua yakni tanggal 24 Agustus sampai 2 September.



Budi mengatakan pada hari ini ada potensi awan-awan hujan sehingga sejak Sabtu (2/9) pagi sudah dilakukan penyemaian garam di utara langit Ibu Kota. Bahkan, Stasiun Meteorologi Kemayoran memantau ada hujan dengan intensitas sedang terjadi pukul 07.35 WIB.

Budi menambahkan awan-awan hujan akan berpotensi muncul kembali pada 6 hingga 10 September mendatang.

“Potensinya yang agak membaik di hari ini, sesuai prediksi dari beberapa hari sebelumnya lalu. Setelahnya akan kering kembali beberapa hari, baru akan muncul lagi sekitar tanggal 6-10 September nanti,” tuturnya.



Budi mengungkapkan dua hari kemarin tidak ada penerbangan untuk penyemaian garam karena tidak terdeteksi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, bahkan juga Banten.

“Dua hari kemarin kami tidak ada sorti penerbangan karena sepanjang hari tidak terdeteksi pertumbuhan awan sama sekali di wilayah Jabodetabek dan Jabar, Banten pada umumnya,” katanya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)