8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba

Senin, 04 September 2023 - 07:15 WIB
loading...
8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba
Tak hanya bom atom, sejarah mencatat ada juga sejumlah senjata terbesar yang pernah dibuat. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Sejarah dunia selalu diwarnai dengan kekerasan dan pengkhianatan. Perang dengan segala kekejamannya membuat umat manusia menciptakan senjata demi melindungi diri, keluarga, kelompok hingga bangsanya.

Tak heran, beragam bentuk senjata tradisional dapat dengan mudah kita dijumpai di berbagai daerah. Mulai dari pedang, tombak, hingga panah. Awalnya senjata-senjata ini dibuat untuk berburu dan mempertahankan diri. Perebutan sumber daya di wilayah tertentu membuat senjata beralih fungsi sebagai alat untuk saling menaklukkan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, penciptaan senjata juga semakin masif dan canggih. Ada anggapan bahwa semakin besar senjata, maka semakin efektif dan mematikan pula, hingga dibuatlah beragam senjata dengan ukuran raksasa.

Meskipun ada banyak senjata yang diciptakan sepanjang sejarah manusia, berikut delapan senjata terbesar yang pernah dibuat, dikutip dari Slash Gear, Senin (4/9/2023).

1. Tsar Bomba

8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba


Setelah Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom di Jepang saat Perang Dunia II, persaingan antara AS dan Uni Soviet memicu perlombaan senjata nuklir. Uni Soviet pun menciptakan Tsar Bomba. Bom termonuklir ini bahkan pernah diledakkan dalam rangka uji coba.

Uji coba peledakan Tsar Bomba dilakukan pada 30 Oktober 1961. Hasilnya, bom hidrogen ini mampu menghasilkan daya ledak sebesar 50 megaton. Dampak ledakannya bahkan diprediksi bisa mencapai 100 megaton jika uranium tidak diganti dengan timbal di beberapa bagiannya, atau sesuai desain aslinya.



2. Bom GBU-43/B
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)