8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba

Senin, 04 September 2023 - 07:15 WIB
loading...
A A A
8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba


Bom konvensional non-nuklir terbesar dalam sejarah adalah GBU-43/B. Saking dahsyatnya daya ledak bom ini sampai dijuluki Ibu dari Segala Bom. Meskipun GBU-43/B Massive Ordnance Air Blast tidak pernah digunakan dalam perang, tapi siap digunakan pada 2003. Bom berpemandu GPS ini membawa hulu ledak seberat 9,3 ton, memiliki sirip dan gyro inersia untuk menjaga tetap stabil dan terkendali di udara.

Bom ini dirancang untuk meledak di atas tanah, sehingga menyebabkan daya rusak yang lebih luas dibandingkan amunisi yang menargetkan satu titik.

Meskipun GBU-43/B Massive Ordnance Air Blast dikembangkan untuk konflik di Irak, penggunaan pertamanya dilakukan pada 2017 di Afghanistan.Bom ini dipakai pasukan Amerika untuk memerangi pemberontak ISIS di kompleks gua di pegunungan dekat perbatasan Pakistan.

3. Meriam Basilika

8 Senjata Terbesar yang Pernah Dibuat, Ada Tsar Bomba


Senjata raksasa bukan hanya produk teknologi modern. Para insinyur telah menciptakan senjata besar sejak berabad-abad lalu. Sekitar 500 tahun lalu, dalam penaklukkan kekaisaran Romawi di Konstantinopel, Sultan Mehmet II telah mengerahkan Meriam Basilika untuk menghancurkan benteng kota yang kokoh.

Meriam Basilika adalah karya insinyur Orban, memiliki panjang 27 kaki dengan laras 30 inchi dan dinding tebal delapan inchi. Untuk memindahkan meriam ini dibutuhkan 60 ekor lembu dan ratusan orang. Kekaisaran Romawi pun runtuh akibat gedoran Meriam Basilika.



4. Schwerer Gustav
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)