NASA Temukan Sisa-sisa Proyek Gagal Rusia di Bulan

Selasa, 05 September 2023 - 23:17 WIB
loading...
NASA Temukan Sisa-sisa Proyek Gagal Rusia di Bulan
Misi Rusia itu bertujuan untuk melakukan pendaratan lunak di kutub selatan bulan Agustus lalu, namun pesawat ruang antariksa tersebut jatuh di bulan. FOTO/ REUTERS
A A A
MOSCOW - NASA temukan kawah baru selebar 10 meter di bulan kemungkinan merupakan lokasi jatuhnya misi Luna 25 Rusia.



Misi Rusia itu bertujuan untuk melakukan pendaratan lunak di kutub selatan bulan Agustus lalu, namun pesawat ruang antariksa tersebut jatuh di bulan.

“Pesawat antariksa Rusia Luna 25 mengalami anomali sehingga membuatnya jatuh pada 19 Agustus,'' tulis NASA seperti dilansir dari Reuters.

NASA mengatakan Rusia memiliki gambar area sekitar lokasi kecelakaan yang diambil pada Juni 2022 dan foto tersebut tidak menunjukkan adanya kawah di area tersebut.

“Karena kawah baru ini dekat dengan perkiraan titik jatuhnya Luna 25, kemungkinan besar kawah itu berasal dari misi tersebut, bukan akibat kawah alami,” kata laporan NASA.

Meskipun misi ke bulan terbaru Rusia itu gagal, Rusia merupakan negara yang menonjol dalam program antariksa pada abad ke-20 meluncurkan Sputnik.

Program ini adalah peluncuran satelit pertama yang mengorbit Bumi, pada tahun 1957 dan mengirim manusia pertama kosmonot Yuri Gagarin ke luar angkasa pada tahun 1961.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)