3 Kecanggihan Sistem Pertahanan Udara Sayyad Iran, Diklaim Mampu Menyerang Selusin Target Bersamaan

Rabu, 06 September 2023 - 12:18 WIB
loading...
3 Kecanggihan Sistem Pertahanan Udara Sayyad Iran, Diklaim Mampu Menyerang Selusin Target Bersamaan
Sistem pertahanan udara Sayyad Iran diklaim mampu menyerang selusin sasaran. Foto/Army Recognition
A A A
JAKARTA - Sederet kecanggihan sistem pertahanan udara Sayyad Iran menjadi pembahasan yang menarik diulas. Salah satunya diklaim mampu menyerang selusin sasaran dalam waktu bersamaan.

Sayyad merupakan sistem rudal pertahanan udara yang dimiliki Iran. Jika dibandingkan pendahulunya, sistem persenjataan ini telah mendapat peningkatan fitur dan teknologi yang lebih canggih.

Mengutip laman News Agency, Wakil Menteri Pertahanan Iran Naderi Sharif menyebut bahwa varian baru bernama Tactical Sayyad dirancang untuk sebagai sistem pertahanan udara jarak menengah. Tujuannya untuk mempersempit kemungkinan ancaman dari jangkauan operasional tersebut.

Lantas, seperti apakah kecanggihan sistem pertahanan udara Sayyad Iran ini? Lebih jauh, simak ulasannya berikut ini.

Kecanggihan Sistem Pertahanan Udara Sayyad Iran


1. Sistem Perlindungan Diri Mumpuni


Salah satu fitur menonjol dari Tactical Sayyad adalah mekanisme perlindungan diri jarak pendeknya. Pembaruan ini menjadi bagian peningkatan signifikan dari pendahulunya seperti sistem pertahanan udara Khordad-3 dan Khordad-15.



Sistem perlindungan diri yang telah terintegrasi itu ditempatkan pada salah satu silo miliknya. Nantinya, komponen ini diharapkan bisa membuat Tactical Sayyad menjadi lebih kuat dari ancaman dari jarak dekat.

2. Integrasi Radar dan Peluncur Rudal


Pengembang juga melakukan inovasi berupa integrasi radar dan peluncur rudal pada satu kendaraan yang sama. Pembaruan ini diklaim bakal mampu meningkatkan ketangkasan sistem secara menyeluruh.

Bersama peningkatan tersebut, respon terhadap ancaman yang muncul diharapkan menjadi lebih cepat lagi. Alhasil, performa Sayyad nantinya akan semakin optimal dalam menjalankan misinya.

3. Menyerang hingga 12 Target Sekaligus


Wakil Menteri Pertahanan Iran Naderi Sharif menyebut bahwa kemampuan Tactical Sayyad sangatlah mengerikan. Diklaim, sistem rudal pertahanan udara ini mampu mendeteksi dan melacak 24 target pada jarak 180 kilometer.

Tak hanya itu, Tactical Sayyad juga mampu menyerang antara 6 hingga 12 target sekaligus dalam jarak jangkauan 120 kilometer.

Itulah sejumlah kecanggihan sistem pertahanan udara Sayyad Iran yang bisa diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)