Heboh, Bola Api Meledak di Langit Amerika

Rabu, 06 September 2023 - 16:11 WIB
“Kami melihatnya tadi malam di Long Island Expressway!! Sungguh menakjubkan melihatnya!!' tulis salah seorang netizen.

“Saya melihat ini sekitar jam 9:20 malam di Lembah Kanaan, WV- meteor hijau terang dengan ekor panjang diwarnai oranye tembaga di tepinya! Itu menakjubkan!.”

Di media sosial, pengguna juga memberikan komentar serupa pada postingan NASA Meteor Watch.

“Saya melihatnya di Metuchen, New Jersey. Warnanya hijau cerah! Salah satu hal paling keren yang pernah saya lihat,” tulis pengguna Twitter Collin Gross.

Ahli meteorologi Baltimore Justin Burk membagikan kompilasi video di platform X. Dalam salah satu video, seorang wanita terdengar berseru, "Apa itu?.” Disusul jawaban seorang pria,"Saya tidak tahu, tapi saya mengerti!"

Bola api lantaran ukurannya lebih besar dan lebih terang daripada meteor biasa, sehingga mudah terlihat dari permukaan tanah.

Objek yang menyebabkan bola api biasanya tidak cukup besar untuk bertahan melewati atmosfer bumi, meskipun pecahan atau meteorit terkadang ditemukan di tanah.

Dalam hal ini, NASA mengatakan data menunjukkan bahwa objek yang menghasilkan meteor tersebut adalah pecahan kecil dari asteroid, berdiameter sekitar 6 inci, yang kemungkinan besar berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.