Berlomba Kirim Misi ke Bulan, Ini 3 Material yang Diburu

Rabu, 06 September 2023 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Di antara logam langka yang menurut para ahli mungkin terdapat dalam jumlah besar di Bulan adalah skandium dan yttrium. Kedua logam ini dapat digunakan dalam mesin kendaraan, untuk membuat kaca atau keramik, perangkat elektronik, dan sistem radar.

Sumber daya lainnya termasuk basal, besi, kuarsa, dan silikon, yang semuanya dapat digunakan untuk jendela, periuk, dan panel surya di Bumi. Sedangkan logam mulia untuk elektronik mencakup platinum, paladium, dan rhodium.



3. Helium

Berlomba Kirim Misi ke Bulan, Ini 3 Material yang Diburu

Fusi nuklir telah diperdebatkan sebagai alternatif potensial pengganti bahan bakar fosil di Bumi. Para ilmuwan berharap dapat meniru cara matahari menciptakan energi dengan mengubah hidrogen menjadi helium.

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan mengambil jenis hidrogen langka (disebut deuterium), yang dapat diekstraksi dari air laut. Termasuk jenis helium yang lebih langka lagi yang dikenal sebagai helium-3.

Jenis yang terakhir ini sangat jarang ditemukan di Bumi tetapi di beberapa bagian bulan, termasuk Laut Ketenangan, terdapat konsentrasi helium-3 sebesar 20 bagian per miliar di permukaan material. Isotop tersebut berguna sebagai alternatif pengganti uranium untuk pembangkit listrik tenaga nuklir karena tidak bersifat radioaktif.

(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)